Analisis
kompetensi kelas XI
Nurjiahtul Rizkiah (E1A 012 034)
Pendidikan Biologi
Analisis KD
3.9 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALTERNATIF
PEMBELAJARAN
|
ASPEK
PENGETAHUAN
|
ASPEK
KETERAMPILAN
|
ASPEK
SIKAP
|
|||
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
||||
3.9 Mengaitkan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
dan
membandingkannya
dengan hewan ikan dan serangga
|
1. Struktur
dan fungsi alat ekskresi
2. Proses ekskresi
3.
Struktur alat ekskresi pada hewan
4. Proses ekskresi pada
hewan(ikan dan serang)
5.
Kelainan /penyakit pada sistem ekskresi
|
1. Konseptual
2. Konseptual
3. Konseptual
4. Konseptual
5. Konseptual dan faktual
|
Mengamati
:
- Peserta didik melakukan pengamatan gambar tentang struktur dan alat eksresi melalui torso, slide, dan poster.
Menanya
:
Peserta didik bertanya tentang:
- Struktur serta fungsi dari alat eksresi pada manusia dan hewan
- Perbedaan struktur pada alat eksresi manusia
dan hewan
- Proses terjadinya
ekskresi pada manusia dan hewan
- Perbedaan proses eksresi pada manusia dan
hewan
- Kelainan dan penyakit
pada manusia dan hewan
Mengumpulkan
data:
-peserta didik melakukan studi pustaka
tentang system ekskresi
- siswa membuat poster
tentang system ekskresi.
Mengasosiasikan:
Siswa mengasosiasikan
antara system ekskresi dengan kelainan yang dapat terjadi pada system
ekskresi
Mengkomunikasikan:
- siswa mempresisntasikan poster yang dibuat.
- siswa mempresentasikan hasil kajian pustaka dalam
bentuk slide (power point)
|
Siswa mampu menghubungkan antara struktur
fungsi,proses dan kelainan/ penyakit pada sistem ekskresi manusia dan hewan
(ikan dan serangga)
|
1. Apa saja organ ekskresi
yang terdapat dalam tubuh manusia?
2. Bagaimana cara untuk
menjaga agar ginjal tetap sehat?
3. Jelaskan proses
pembuatan urine di dalam ginjal.
4. Apa nama organ ekskresi
pada ikan nila, dan serangga?
|
Peserta didik mampu membuat poster mengenai system
ekskresi pada manusia dan hewan.
|
1.Siswa membuat poster
system ekskresi dengan dan member keterangan dan penjelasan pada tiap point
(4)
2. Siswa membuat model
System ekskresi dengan
ketearangan dan tanpa penjelasan tiap pointnya (3)
3. Siswa membuat poster
system ekskresi pada manusia atau hewan saja (salah satu)
dengan
keteranagan dan penjelasan
tiap pointnya (2)
4. Siswa membuat poster
system ekskresi
saja tanpa
keterangan dan penjelasan.
(1)
|
Disiplin
|
1. Siswa selalu mengumpulkan tugas tepat waktu (4)
2. siswa sering mengumpulkan tugas tepat waktu (3)
3. siswa jarang mengumpulkan tugas tepat waktu (2)
4. siswa tidak mengumpulkan tugas(1)
|
Keterkaitan KI 3 dan KI 4
Kompetensi Dasar (KI3)
|
Kompetensi Dasar (KI4)
|
Materi Pokok
|
3.9 Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses
serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem ekskresi pada manusia dan
membandingkannya dengan hewan ikan dan serangga
|
4.14 Melakukan percobaan uji kandungan urine pada
orang normal dan diabetes mellitus serta menganalisis kaitannya dengan
kelainan pada struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia
|
1. Stuktur dan fungsi alat
ekkresi pada manusia dan hewan
2. Proses terjadinya/
berlangsungnya system ekskresi pada manusia dan hewan
3. Kelainan dan penyakit pada
system ekskresi
4. uji urin.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar