Kamis, 10 Juli 2014

Review Curriculum - Analisis kompetensi kelas XI KD 3.9



Analisis kompetensi kelas XI
Nurjiahtul Rizkiah (E1A 012 034)
Pendidikan Biologi
Analisis KD 3.9 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
MATERI PEMBELAJARAN
ALTERNATIF PEMBELAJARAN
ASPEK PENGETAHUAN
ASPEK KETERAMPILAN
ASPEK SIKAP
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
3.9 Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta  kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
membandingkannya dengan  hewan ikan dan serangga
1. Struktur dan fungsi alat ekskresi
2. Proses ekskresi
3. Struktur alat ekskresi pada hewan
4. Proses ekskresi pada hewan(ikan dan serang)
5. Kelainan /penyakit pada sistem ekskresi
1. Konseptual
2. Konseptual
3. Konseptual
4. Konseptual
5. Konseptual dan faktual
Mengamati :
- Peserta didik melakukan pengamatan  gambar tentang struktur dan alat eksresi melalui torso, slide, dan poster.

Menanya :
Peserta didik bertanya tentang:
- Struktur serta fungsi dari alat eksresi pada manusia dan hewan
-  Perbedaan struktur pada alat eksresi manusia dan hewan
- Proses terjadinya ekskresi pada manusia dan hewan
-  Perbedaan proses eksresi pada manusia dan hewan
- Kelainan dan penyakit pada manusia dan hewan

Mengumpulkan data:
-peserta didik melakukan studi pustaka tentang system ekskresi
- siswa membuat poster tentang system ekskresi.

Mengasosiasikan:
Siswa mengasosiasikan antara system ekskresi dengan kelainan yang dapat terjadi pada system ekskresi
Mengkomunikasikan:
- siswa mempresisntasikan poster yang dibuat.
- siswa mempresentasikan hasil kajian pustaka dalam bentuk slide (power point)
Siswa mampu menghubungkan antara struktur fungsi,proses dan kelainan/ penyakit pada sistem ekskresi manusia dan hewan (ikan dan serangga)
1. Apa saja organ ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia?
2. Bagaimana cara untuk menjaga agar ginjal tetap sehat?
3. Jelaskan proses pembuatan urine di dalam ginjal.
4. Apa nama organ ekskresi pada  ikan nila, dan serangga?

Peserta didik mampu membuat poster mengenai system ekskresi pada manusia dan hewan.
1.Siswa membuat poster system ekskresi dengan dan member keterangan dan penjelasan pada tiap point
(4)

2. Siswa membuat model
System ekskresi dengan ketearangan dan tanpa penjelasan tiap pointnya (3)

3. Siswa membuat poster system ekskresi pada manusia atau hewan saja (salah satu)
dengan
keteranagan dan penjelasan tiap pointnya (2)

4. Siswa membuat poster system ekskresi
saja tanpa
keterangan dan penjelasan. (1)
Disiplin
1. Siswa selalu mengumpulkan tugas tepat waktu (4)
2. siswa sering mengumpulkan tugas tepat waktu (3)
3. siswa jarang mengumpulkan tugas tepat waktu (2)
4. siswa tidak mengumpulkan tugas(1)






Keterkaitan KI 3 dan KI 4

Kompetensi Dasar (KI3)
Kompetensi Dasar (KI4)
Materi Pokok
3.9 Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses
serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
membandingkannya dengan  hewan ikan dan serangga
4.14 Melakukan percobaan uji kandungan urine pada orang normal dan diabetes mellitus serta menganalisis kaitannya dengan kelainan pada struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia
1. Stuktur dan fungsi alat ekkresi pada manusia dan hewan
2. Proses terjadinya/ berlangsungnya system ekskresi pada manusia dan hewan
3. Kelainan dan penyakit pada system ekskresi
4. uji urin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar