1
REVIEW CURRICULUM AND CONTENT OF BIOLOGY II
NURJIHATUL RIKIAH
E1A 012 034
SEMESTER IV B
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
1. Pada
tabel di bawah kolom satu tertulis satu KD dari KI_3 dan satu KD dari KI_4 mata
pelajaran Biologi SMA, anda diminta menganalisis
kompetensi
dasar dengan mengisi kolom berikutnya ke sebelah kanan sesuai dengan tagihan
dari KD_KD tersebut. Berikan penjelasan di luar tabel tersebut
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALTERNATIF
PEMBELAJARAN
|
ASPEK
PENGETAHUAN
|
ASPEK
KETERAMPILAN
|
ASPEK
SIKAP
|
|||
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
||||
3.2
Merancang
penelitian
uji
pengaruh
luar
terhadap
pertumbuhan
pada
tanaman
|
Penelitian
ilmiah mengenai Pertumbuhan dan perkembangan
|
Konseptual
dan Prosedural
|
1.
Mengamati
Siswa
mengamati pengaruh factor luar tehadap pertumbuhan tumbuhan dalam bentuk
gambar atau vidio
2.
Meanaya
Siswa
bertanya mengenai factor eksternal yang berpengaruh terhadap pertumnuhan tanamanp
3.
Mengumpukan
data (eksperimen/eksplorasi)
Siswa
melakukan percobaan / pengujian terhadap pengaruh factor eksternal terhadap
pertumbuhan tanaman.
4.
Mengasosiasi
Siswa
menkaitkan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5. Mengkomunikasikan
Siswa
memperesentasikan hasil percobaan/pengujiannya.
|
1.
Siswa mampu merancang bentuk pengujian pengaruh factor eksternal terdap
pertumbuhan tanaman.
|
1.a.
Sebutkan dan jelaskan factor ekternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan
pada tumbuhan
b.bagaimanakah
langkah langkah dalam pengujian factor luar yang mempengaruhi pertumbuhan
pada tanaman?
|
1
Siswa mampu melakukan pengujijian terhadap pengaruh factor ekternal terdap
pertumbuhan
2.Siswa
mampu membuat hasil (laporan) penelitian terhadap variable yang diuji.
|
1.a.
Siswa melakukan langkah- langkah sesuai prosedur yang ditentukan dengan tepet
(4)
b.
siswa melakukan ¾ dari langkah –langkah sesuai dengan prosedur yang
ditentukan (3)
c.
siswa kurang berperan aktif dalam melakukan langkah- langkah dalam prosedur
(2)
d.
siswa tidak berperan aktif dalam melakukan langkah- langkah dalam prosedur
yang ditentukan (1)
2a.
siswa membuat laporan dengan menyertakan 8 bab (4)
b.siswa
membuat laporan yang berisi 6 bab (3)
c.siswa
membuat laporan yang berisi 4 bab (2)
c.
siswa membuat laporan yang berisi kurang dari 3 bab (1)
|
Teliti
|
1
siswa sangat teliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar
terhadap pertumbuhan padatanaman. (4)
2.Sisiwa
tetiliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar terhadap
pertumbuhan padatanaman.(3)
3.
siswa cukup teleti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar
terhadap pertumbuhan padatanaman. (2)
4.
siswa kurang teliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar
terhadap pertumbuhan padatanaman. (1)
|
4.2
Melaksanakan
penelitian
pengaruh
faktor luar terhadap
pertumbuhan
tanaman
dan
mempresentasikan
hasilnya
sebagai
laporan
|
Faktor
eksternal pada pertumbuhan
|
Konseptual
|
1.
Mengamati
Siswa
mengamati pertumbuhan tumbuhan yang dipengaruhi oleh factor luar.
2.
Menanya
Siswa
bertanya:
Menagapa pertumbuhan pada tanaman X seperti itu? Apakah ada pengaruh dari luar (lingkungan)? Bgaimana bentuk pengaruh itu?
3.
Mengumpulkan
data
-siswa
melakukan kajian pustaka mengenai pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
-siswa
melakukan pengujian akan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
4.
Mengasosiasi
siswa
mengkaitkan antara materi yang diperoleh dari kajian pustaka dengan fakta
pada lapangan
5.
Mengkomunikasikan
Siswa
mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas
|
Siswa
mampu menganalisis hubungan factor eksternal terhadap petumbuhan tumbuahan
Siswa
mampu menganalisis konsep pada literature dengan kondisi pada pengujian.
|
|
Siswa
mampu melakukan proses penelitian terhap pengaruh factor ekternal terhadap
peertumbuhan tanaman.
|
|
Siswa
mampu bekerja sama dengan kelompok
|
|
2.1
Berperilaku
ilmiah
(memiliki
rasa
ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung
jawab,
terbuka,
kritis,
kreatif,
inovatif
dan
peduli
lingkungan)
dalam
melakukan
percobaan
dan
berdiskusi
1.1
Mengagumi dan memahami
keteraturan
dan kompleksitas
ciptaan
Tuhan
tentang
proses -proses yang
terjadi
pada
tubuh
mahluk
hidup
di ingkat
seluler
dan
menjaga
keteraturan
tersebut
sebagai
tindakan
pengamalan
menurut
agama
yang
dianutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel di atas berisikan 6 kolom. Kolom pertama merupakan kolom KD atau Kompetensi Dasar yang merupakan jabaran dari KI yang sifatanya
lebih spesifik dari KI danamu masih bisa untuk dijabarkan lagi menjadi beberapa
indikato dan berujuk pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Table kedua
berisi materi pokok yang berisi mengenai spesifikasi materi yang akan
dipelajari pada kegiatan KBM. Kolom 3 berisi materi juga namun disebut Materi
pembelajan, di kolom ini berisiskan pengelompokan materi berdasarkan taksonomi
Bloom atau Anderson, dan pada kolom
Materi Pembelajaran diatas berisi
materi Konseptual dan faktual karena materi yang diangkat berisi tentang
beberapa konsep mengenai factor dari pertumbuhan dan faktual yang dimaksud
adalah materi yang dimaksud berkenaan dengan kondisi asli/ fakta. Kolom 4
berisi alternative pembelajaran yang berisi
5 jenis alternative pembelajaran yaitu Mengamati, Menanya, Mengumpulkan
data/eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kolom 4 berisi Apek
pengetahuan yang berisi 2 kolom yaitu Indikator dan penilain, aspek pengetahuan
berkenaan pada ranah kognitif yang akan dicapai pada kegiatan KBM yang
dirancang, penilaian yang dibuat berupa soal- soal yang harus dijawab siswa
untuk mengukur perngetahuannya. Kolom 5 berisi Aspek keterampilan yang berkutat
pada ranah Psikomotorik. Penilaian yang dibuat pada aspek ini adalah rentangan
4 sampai 1. Hal yang sama terjadi pada kolom 6 yang berkaitan dengan ranah
afeksi.
2.
Untuk
menyusun satu rencana pembelajaran sebaiknya diawali dengan mengkaji tagihan
dari KI, KD dan seterusnya sampai dengan evaluasi,
anda diminta menyusun
atau mengkreasi prosedur atau langkah-langkah menganalisis tagihan isi mulai
tagihan KD sesuai kurikulum 2013
sampai dengan evaluasi
hasil belajar untuk ketiga aspek. Untuk
lebih jelasnya anda harus menggunakan satu KD (KD 3.7 kelas XII) dari mata
pelajaran biologi
SMA kemudian dilanjutkan dengan KD dari
KI_4, _2 dan 1.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
ALTERNATIF
PEMBELAJARAN
|
ASPEK
PENGETAHUAN
|
ASPEK
KETERAMPILAN
|
ASPEK
SIKAP
|
|||
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
|||
KD.3.7
mendeskripsikan hubungan
gen
(DNA)-RNA- polipeptida dan
sintesis
protein dalam fungsi
pembentukan
sifat makhluk hidup
KD.4.9
menyajikan hasil analisis
DNA
suatu makhluk hidup dan
menggambarkannya
atau membuat
model
wujud fisiknya sebagai produk
KD.2.1
berprilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu ,objektif,jujur,cermat,tekun,
hati-
hati,
bertanggung jawab,
terbuka,kritis,kreatif,inovatif
dan
peduli
lingkungan) dalam melakukan
percobaan
dan berdiskusi
KD
1.1 mengagumi dan memahami
keteraturan
dan kompleksitas ciptaan
Tuhan
tentang proses-proses yang
terjadi
pada tubuh makhluk hidup
ditingkat
selluler dan menjaga
keteraturan
tersebut sebagai tindakan
pengamalan
menurut agama yang
dianutnya
|
Genetika
|
Mengamati
Siswa
mengamati struktur bentuk DNA, RNA dalam bentuk Vidio flas, torso, dan gambar
Meanaya
Siswa
bertanya mengenai hubungan antara DNA, RNA, Polipeptida, dan sintesis protein
dalam hal pembentukan sifat mahluk
hidup
Mengumpukan data (eksperimen/eksplorasi)
Siswa
melakukan percobaan / merancang/ menggambar model DNA dan RNA
Mengasosiasi
Siswa
mengasosiakan proses sintesis protein dengan RNA dan DNA
Mengkomunikasikan
1.Siswa
memperesentasikan hasil (gambar) model DNA yang dibuat
2.Siswa
mempresentasikan tahap- tahap dalam sintesis protein
|
1.
Siswa mampu mendeskripsikan hubungan
antara gen (DNA)- RNA - polipeptida dan
sintesis
protein dalam fungsi
pembentukan
sifat makhluk hidup
|
1.Apa
yang dimaksud dengan :
a.
DNA
b.
RNA
c.
Polipetida
2.
Jelaskan Tahap- tahap dalam sntesis protein!
3.
Bagaimana Hubungan antara gen (DNA)-RNA- polipeptida dan sintesis
protein
dalam fungsi
pembentukan
sifat makhluk hidup ?
|
1
Siswa mampu membuat Model DNA dan RNA
dala bentuk Poster
|
1.
Siswa membuat Model DNA dan RNA dengan keterangan (4)
2.
siswa membuat model DNA dan RNA tanpa keterangan (3)
3.
Siswa membuat model DNA atau RNA saja
dengan keteranagan (2)
4.
Siswa membuat model DNA atau RNA saja tanpa keterangan. (1)
|
Rasa
ingin tau
|
1
siswa aktif bertanya saat KBM dan pertanyaan sesuai dengan topic pembahasan
(4)
2.Siswa
(biasa) bertanya saat KBM dan petanyaan sesuai dengan topic yang dibahas
3.
Siswa jarang bertanya saat KBM dan pertanyaannya sesuai dengan topic (2)
4.
siswa jarang betanya saat KBM dan pertanyyaanya tidak sesuai dengan topic (1)
|
3.
Berikut sebagian konten atau standar isi
kurikulum 2103 untuk tingkat SMA, anda diminta menganalisis tagihan konten
tersebut didasarkan pada
taksonomi
Anderson, yang kemudian anda merumuskan indikator dan tujuan serta materi yang
sesuai dengan tagihan tersebut.
KI
|
KD
|
TUNTUTAN
KD
|
PENGELOMPOKAN
MENURUT ANDERSON
|
INDIATOR
|
TUJUAN
|
MATERI
|
|
Dimensi
kognitif
|
Dimensi
pengetahuan
|
||||||
3
.Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
onseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta enerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip,
dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun
kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
1.Mendeskripsikan
teori evolusi
|
Understand
|
1.Konseptual
2. Faktual
|
1.siswa mampu
menjelaskan teori evolusi
|
1.Melalui
kajian pustaka siswa mampu menjelaskan teori evolusi dengan baik dan benar.
|
Evolusi
|
2.mendeskripsikan
prinsip dan mekanisme evolusi
|
2. siswa mampu
menjelaskan prinsip dan mekanisme evolusi
|
2.
Melalui kajian pustaka siswa mampu menjelaskan prinsip dan mekanisme evolusi
|
|||||
3.12 Membedakan teori evolusi Darwin
dan teori-teori lain.
|
Membedakan teori evolusi Darwin dan
teori-teori lain.
|
Analyze
|
Konseptual
|
Siswa mapu membedakan
teori evolusi Darwin dan teori evolusi Mark
|
Melalui
diskusi kelompok Siswa mapu membedakan teori evolusi Darwin dan teori evolusi
Mark dengan baik
|
Evolusi
|
|
3.13 Mendeskripsikan mekanisme
terjadinya evolusi
|
Mendeskripsikan
mekanisme terjadinya evolusi
|
Understand
|
Prosedural
|
Siswa mampu
mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi
|
Melui
tinjauan pustaka siswa mampu mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi
|
Evolusi
|
|
3.14 Mendeskripsikan arti, prinsip
dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
|
1.menjelaskan
arti dan prinsip dasar bioteknologi
|
Understand
|
Konseptual
faktual
|
Siswa mampu menjelaskan
definisi dan prinsip bioteknologi
|
Melalui
praktikum kajian pustaka siswa mampu menjelaskan definisi dan prinsip
bioteknologi dengan benar.
|
Bioteknologi
|
|
2.mendeskripsikan
jenis- jenis bioteknologi
|
|
|
Siswa mampu
mengidentifikasi jenis- jenis bioteknologi
|
Melaui
tinjauan pustaka Siswa mampu mengidentifikasi jenis- jenis bioteknologi
dengan benar
|
|||
3.15 Mendeskripsikan implikasi
bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
Mendeskripsikan
implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
Understand
|
Faktual
|
Siswa mampu
menjelaskan implikasi bioteknologi pada sains, ligkungan, teknologi, dan
masyarakat
|
Melalui
diskusi Siswa mampu menjelaskan implikasi bioteknologi pada sains, ligkungan,
teknologi, dan masyarakat dengan benar
|
Bioteknologi
|
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.14
Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang beberapa fakta yang berhubungan
dengan
proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam serta menyusun
kesimpulan
antara fakta dan hasil percobaan
|
1.Menyajikan
hasil diskusi kelompok tentang beberapa fakta yang berhubungan dengan proses
evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam.
|
|
|
Siswa
mampu menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai fakta yang berhubungan
dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam
|
Melalui
kegiatan diskusi Siswa mampu menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai fakta
yang berhubungan dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi
alam dengan baik
|
Evolusi
dan seleksi alam
|
2. Menyusun
kesimpulan
antara fakta dan hasil percobaan
|
|
|
Siswa
mampu Menyusun
kesimpulan
antara fakta dan hasil percobaan
|
Melalui
diskusi kelompok Siswa mampu Menyusun
kesimpulan
antara fakta dan hasil percobaan
|
|
||
4.15
Menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui
dalam kehidupan sehari-hari
|
Menyajikan
laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Siswa
mampu menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang
dapat
ditemui
dalam kehidupan sehari-hari
|
Melalui
kegiatan presentasi Siswa mampu menyajikan laporan hasil identifikasi
produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui
dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik
|
Bioteknologi
|
|
|
|
|
|||||
4.16
Menyajikan hasil diskusi proses kloning dari sudut ilmu pengetahuan dan agama
|
1.
Menyajikan hasil diskusi proses kloning dari sudut ilmu pengetahuan dan
agama.
|
|
|
Siswa
mampu menyajikan hasil diskusi proses klonik dari sudut ilmu pengetahuan dan
agam
|
Melalui
kegiatan diskusi siswa mampu menyajikan hasil diskusi proses klonik dari
sudut ilmu pengetahuan dan agam
|
Bioteknologi
(cloning dan bayi tabung)
|
4.
Anda
diberikan contoh bagian dari RPP, anda diminta untuk menilai bagaimana bagian
RPP tersebut mulai dari keterkaitan KD dengan bagian
berikutnya sampai dengan materi dan metodenya dengan
penjelasan yang komprehensif dan ilmiah
Jawab
Pada
dasarnya KD pada KI ini sudah dapat dikatakan
memiliki keterkaitan dengan indicator yang dibuat namun, 4 Indikator
yang dibuat tersebut hanya berkutat pada ranah kognitif, tidak mencantumkan
indicator yang berkenaan dengan aspek sikap/ afektiv dan aspek psikomatornya. Sehingga jika
dikaitkan dengan tujuan pembelajarannya
tidak akan efektif karena yang tercantum hanya aspek kognitifnya saja.
Dan hal ini berdampak pada penilaian yang akan dibuat karena berdasarkan RPP
yang dibuat , aspek yang dapat dinilai hanya aspek pengetahuan saja.
Alokasi
waktu yang diberikan juga terlalu banyak untuk membahas materi pembelajaran
tersebut, dengan jumlah pertemuan sebanyak 14 kali, sanagat membuang waktu, dan
tidak efektif umtuk meteri lain yang memang mebutuhkan waktu ekstra dibandingkan
dengan materi ini
Materi
pembelajaran yang disuguhkan tidak jelas alurnya, sehingga membingungkan,
karena materi pembelajaran yang disuguhkan bersifat umum dan tidak jelas arah/
vektornya. Dan sebaiknya materi yang dirancang agar di kelompokan berdasarkan
taksonomi Bloom atau Anderson, agar lebih mudah dipahami dan di terapkan
Untuk
metode pembelajaran yang dibuat kurang efektif, dan sebaiknya dikelompokan
berdasarkan materinya karena tiap matreri tentunya memiliki metode/ model
pembelajaran yang berbeda juga.
Kesimpulannya,
RPP tersebut sangat tidak bagus dan FATAL
5.
Pada
tabel 3 terdapat KD
dari kurikulum 2006/KTSP
dan 2013, anda
diminta menganalisis KD di kurikulum
2006 dan 2013
terlebih dulu
kemudian
membandingkannya khususnya KD tertentu yang tagihannya mirip.
Analisis
KD pada Kurukulim KTSP dan 2013
a. KTSP
KD
|
Tuntutan KD
|
Penggolongan menurut
Anderson
|
|
Dimensi Kognitif
|
Dimensipengetahuan
|
||
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi
sel
sebagai unit terkecil kehidupan
|
1.mendeskripsikan komponen
kimiawi sel
2.mendeskripsikan struktur dan
fungsi sel
|
Understand
|
Konseptual
|
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan
hewan
|
1. Mengidentifikasi organel sel
tumbuhan
2. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan
|
Analize
|
Konseptual
|
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada
membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
|
1. Mekanisme difusi
2. Mekanisme osmosis
3. Mekanisme transport aktif
4. Mekanisme endositisis
5. Mekanisme eksositosis
6. Membandingkan mekanisme
transpor pada membran
|
Analize
|
Konseptual
|
2.1
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan
fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar
kultur jaringan
|
1.
Mengidentifikasi struktur jaringan dan fungsi tumbuhan .
2.
Menjelaskan sifat titopotensi sebagai dasar kultur jaringan
|
Analize
|
Konseptual Dan Faktual
|
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan
Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
|
Mendeskripsikan struktur jaringan
hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
|
Understand
|
Konseptual
|
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
gerak pada manusia
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses pada system gerak manusia
2.
Menjelaskan kelainan system gerak pada
manusia
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran
darah
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses pada system Peredaran darah
2.
Menjelaskan kelainan system Peredaran
darah
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses pada system pencernaan makanan pada manusia dan
hewan (misalnya ruminansia)
2.
Menjelaskan kelainan system pencernaan
makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung)
|
Menjelaskan mekanisme pertahanan
tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
|
Alyzing
|
1konseptual
2. Faktual
|
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses pada system ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
2.
Menjelaskan kelainan system ekskresi
pada manusia dan hewan (misalnya pada
ikan dan serangga)
pada manusia
|
Aplyzing
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf,
endokrin, dan penginderaan)
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses pada system regulasi manusia (saraf, endokrin, dan
penginderaan)
2.
Menjelaskan kelainan system regulasi
manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses yang meliputi
pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi,
fertilisasi,
kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem reproduksi
manusia
|
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi sistem reproduksi manusia
2.
Menjelaskan proses pembentukan sel kelamin
3.
Menjelaskan proses ovulasi
4.
Menjelaskan proses menstruasi
5.
Menjelaskan proses fertilisasi
6.
Menjelaskan proses kehamilan dan pemberian ASI
7.
Menjelaskan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi
manusia
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2. Faktual
|
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
|
Menjelaskan mekanisme pertahanan
tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
|
Aplyzing
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
b. Kurikulum
2013
KD
|
Tuntutan KD
|
Penggolongan
menurut Anderson
|
|
Dimensi Kognitif
|
Dimensi Pengetahuan
|
||
3.1 Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel
sebagai unit terkecil
kehidupan, mengidentifikasi organel sel melalui
pengamatan
|
1.Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel
2. Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sel
3. mengidentifikasi organel
sel melalui pengamatan
|
Understand
|
Konseptual
|
3.2 Membandingkan
mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif,
endositosis, dan eksositosis) dari hasil
pengamatan
|
1. Mendeskripsikan
mekanisme difusi
2. Mendeskripsikan mekanisme
osmosis
3. Mendeskripsikan
mekanisme transport aktif
4. Mendeskripsikan
mekanisme endositosis
5. Mendeskripsikan
mekanisme eksositosis
6. Membandingkan
mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif,
endositosis, dan eksositosis) dari hasil
pengamatan
|
1-5. understand
6. Analize
|
Konseptual
|
3.3 Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
|
1.Mengidentifikasi struktur
jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya
2. menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
|
Analyze
|
1.Konseptual
2.faktual
|
3.4 Mendeskripsikan
struktur jaringan hewan vertebrata dan
mengkaitkannya dengan
fungsinya
|
Mendeskripsikan
struktur jaringan hewan vertebrata dan
mengkaitkannya dengan
fungsinya
|
1.Understand
|
Konseptual
|
3.5 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses sistem gerak pada
manusia .
2. Mendeskripsikan kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
|
Understand
|
1.Konseptual
2.Faktual
|
3.6
Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya
dengan sistem peredaran darah hewan ikan
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada sistem peredaran darah
manusia
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada sistem peredaran darah manusia
3. membandingkannya
dengan sistem peredaran darah manusia
dan hewan ikan
|
1.Understand
2.Analyze
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.7 Mendeskripsikan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kalainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan membandingkan struktur
pencernaan pada hewan
ruminansia
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada sistem pencernaan
makanan manusia
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia
3. membandingkannya
dengan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia
|
1.Understand
2.Analyze
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.8 Mengaitkan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem pernafasan pada manusia dan membandingkan dengan pernapasan pada hewan
burung
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system pada manusia
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada sistem pada manusia
3. membandingkannya
dengan makanan manusia dan
|
Analyze
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.9 Mengaitkan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem ekskresi pada manusia
dan membandingkannya
dengan hewan ikan dan serangga
penginderaan)
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system ekskresi pada manusia
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada sistem ekskresi pada manusia
3. membandingkannya
dengan makanan manusia dan hewan ikan
dan serangga penginderaan
|
Analyze
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.10 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaian/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system regulasi pada manusia
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada sistem regulasi pada manusia
|
Understand
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.11 Merinci
langkah-langkah perambatan impuls pada sistem syaraf secara fisik, kimia dan
biologi dan mengkaitkannya dengan gerak otot
|
|
Analyze
|
1.
Prosedural
|
3.12 Mendeskripsikan
struktur dan fungsi serta kelainan yang terjadi pada sistem indera
|
1. Mendeskripsikan strukturdan
fungsi pada system indera
2. menaganalisis
kelainan/ penyakit pada system indera
|
Understand
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.13 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan
penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi
manusia
|
1. Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI,
2.menganalisis kelainan
penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
|
Understand
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
3.14 Mendeskripsikan
mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit
penyakit
|
Mendeskripsikan
mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit
penyakit
|
Understand
|
1. Konseptual
2. Faktual
|
Keterkaitan KD yang sama pada KTSP dan
2013
KD
yang mirip pada Kurikulum
|
Penjelasan
|
|
2006
|
2013
|
|
1.1
|
3.1
|
Pada umumnya KD- KD
pada kurikulum 2006 dan 2013 yang berada dikolom di samping tergolong
memiliki kesamaan, namun tagihan yang diminta pada Kurikulum 2013 cukup
tinggi karena tuntutan KDnya berkutat pada bagian Analyze, Aplyze, dan
Understand. Namun lebih di dominasi oleh Analyze. Hal yang sama juga terjadi
pada Kurikulu 2006, namun kebanyakan Kurikulum 2006 lebih didominasi pada Aplyze. Hal ini secara langsung menjadikan
kurikulum 2013 dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan 2013. Selain
itu pada kurikulum 2013 jika dialasis kegiatan yang dirancang pada
pembelajarannya lebih mengedepankan persentase keterlibatan siswa lebih tinngi
dibandingkan dengan guru (student center), sedangkan pada kurikulum 2006
belum dapat dipastikan menggunakan student center atau teacher center, hal
ini terjadi karena pada kurikulum 2006 tidak terdapat patokan awal mengenai
bentuk kegiatan pembelajarannya, sehingga guru lebih berwenang menentukannya.
Jika hal ini terjadi pada guru yang professional setidaknya tidak berdampak buruk, namun
jika terjadi pada guru- guru yang belum professional, hal ini akan membahayakan.
|
1.3
|
3.2
|
|
2.1
|
3.3
|
|
2.2
|
3.4
|
|
3.1
|
3.5
|
|
3.2
|
3.6
|
|
3.3
|
3.7
|
|
3.4
|
3.8
|
|
3.5
|
3.9
|
|
3.6
|
3.10
|
|
3.7
|
3.13
|
|
3.8
|
3.14
|
SURAT
PERNYATAAN
Berdasarkan
perjanjian yang dibuat, bahwa yang bertandanda tangan di bawah ini :
Nama :
NURJIHATUL RIZKIAH
NIM :
E1A 012 034
Kelas :
IV B
Semester :
IV
Prodi :
PENDIDIKAN BIOLOGI
Menyatakan bahwa telah
menyelesaikan tugas REVIEW CURRICULUM AND CONTENT OF BIOLOGY II dengan mandiri/ tidak menjiplak tugas
mahasiswa yang lain.
Mataram, 22 Mei 2014
Pembuat Tugas
Nurjihatul Rizkiah
E1a012034
Tidak ada komentar:
Posting Komentar