Kamis, 10 Juli 2014

Review Curriculum - Analisis Kurikulum SMA








1
REVIEW CURRICULUM AND CONTENT OF BIOLOGY II


NURJIHATUL RIKIAH
E1A 012 034
SEMESTER IV B
PENDIDIKAN BIOLOGI


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
  
1. Pada tabel di bawah kolom satu tertulis satu KD dari KI_3 dan satu KD dari KI_4 mata pelajaran Biologi SMA, anda diminta menganalisis
kompetensi dasar dengan mengisi kolom berikutnya ke sebelah kanan sesuai dengan tagihan dari KD_KD tersebut. Berikan penjelasan di luar  tabel tersebut

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
MATERI PEMBELAJARAN
ALTERNATIF PEMBELAJARAN
ASPEK PENGETAHUAN
ASPEK KETERAMPILAN
ASPEK SIKAP
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
3.2 Merancang
penelitian uji
pengaruh luar
terhadap
pertumbuhan
pada tanaman 
                  






















Penelitian ilmiah mengenai Pertumbuhan dan perkembangan
Konseptual dan Prosedural
1.      Mengamati
Siswa mengamati pengaruh factor luar tehadap pertumbuhan tumbuhan dalam bentuk gambar atau vidio
2.      Meanaya
Siswa bertanya mengenai factor eksternal yang berpengaruh  terhadap pertumnuhan tanamanp
3.      Mengumpukan data (eksperimen/eksplorasi)
Siswa melakukan percobaan / pengujian terhadap pengaruh factor eksternal terhadap pertumbuhan tanaman.
4.      Mengasosiasi
Siswa menkaitkan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5.      Mengkomunikasikan
Siswa memperesentasikan hasil percobaan/pengujiannya.
1. Siswa mampu merancang bentuk pengujian pengaruh factor eksternal terdap pertumbuhan tanaman.



1.a. Sebutkan dan jelaskan factor ekternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
b.bagaimanakah langkah langkah dalam pengujian factor luar yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman?


1 Siswa mampu melakukan pengujijian terhadap pengaruh factor ekternal terdap pertumbuhan

2.Siswa mampu membuat hasil (laporan) penelitian terhadap variable yang diuji.



1.a. Siswa melakukan langkah- langkah sesuai prosedur yang ditentukan dengan tepet (4)
b. siswa melakukan ¾ dari langkah –langkah sesuai dengan prosedur yang ditentukan  (3)
c. siswa kurang berperan aktif dalam melakukan langkah- langkah dalam prosedur (2)
d. siswa tidak berperan aktif dalam melakukan langkah- langkah dalam prosedur yang ditentukan (1)

2a. siswa membuat laporan dengan menyertakan 8 bab (4)
b.siswa membuat laporan yang berisi 6 bab (3)
c.siswa membuat laporan  yang berisi 4 bab (2)
c. siswa membuat laporan yang berisi kurang dari 3 bab (1)
Teliti

1 siswa sangat teliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan padatanaman. (4)
2.Sisiwa tetiliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan padatanaman.(3)
3. siswa cukup teleti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan padatanaman. (2)
4. siswa kurang teliti dalam melakukan percobaan/ peujian pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan padatanaman. (1)

4.2
Melaksanakan
penelitian
pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan
tanaman dan
mempresentasikan hasilnya
sebagai laporan 

Faktor eksternal pada pertumbuhan
Konseptual
1.      Mengamati
Siswa mengamati pertumbuhan tumbuhan yang dipengaruhi oleh factor luar.
2.      Menanya
Siswa bertanya:
Menagapa pertumbuhan pada tanaman X seperti itu? Apakah ada pengaruh dari  luar (lingkungan)? Bgaimana bentuk pengaruh itu?
3.      Mengumpulkan data
-siswa melakukan kajian pustaka mengenai pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
-siswa melakukan pengujian akan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
4.      Mengasosiasi
siswa mengkaitkan antara materi yang diperoleh dari kajian pustaka dengan fakta pada lapangan
5.      Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas
Siswa mampu menganalisis hubungan factor eksternal terhadap petumbuhan tumbuahan
Siswa mampu menganalisis konsep pada literature dengan kondisi pada pengujian.

Siswa mampu melakukan proses penelitian terhap pengaruh factor ekternal terhadap peertumbuhan tanaman.

Siswa mampu bekerja sama dengan kelompok

2.1 Berperilaku
ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung
jawab, terbuka,
kritis, kreatif,
inovatif dan
peduli
lingkungan)
dalam melakukan
percobaan dan
berdiskusi 

1.1 Mengagumi dan memahami
keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan
tentang proses -proses yang
terjadi pada
tubuh mahluk
hidup di ingkat
seluler dan
menjaga
keteraturan
tersebut sebagai
tindakan
pengamalan
menurut agama
yang dianutnya













            Tabel di atas berisikan 6 kolom. Kolom  pertama merupakan kolom KD atau  Kompetensi Dasar  yang merupakan jabaran dari KI yang sifatanya lebih spesifik dari KI danamu masih bisa untuk dijabarkan lagi menjadi beberapa indikato dan berujuk pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Table kedua berisi materi pokok yang berisi mengenai spesifikasi materi yang akan dipelajari pada kegiatan KBM. Kolom 3 berisi materi juga namun disebut Materi pembelajan, di kolom ini berisiskan pengelompokan materi berdasarkan taksonomi Bloom atau Anderson, dan pada kolom  Materi Pembelajaran  diatas berisi materi Konseptual dan faktual karena materi yang diangkat berisi tentang beberapa konsep mengenai factor dari pertumbuhan dan faktual yang dimaksud adalah materi yang dimaksud berkenaan dengan kondisi asli/ fakta. Kolom 4 berisi alternative pembelajaran  yang berisi 5 jenis alternative pembelajaran yaitu Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data/eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kolom 4 berisi Apek pengetahuan yang berisi 2 kolom yaitu Indikator dan penilain, aspek pengetahuan berkenaan pada ranah kognitif yang akan dicapai pada kegiatan KBM yang dirancang, penilaian yang dibuat berupa soal- soal yang harus dijawab siswa untuk mengukur perngetahuannya. Kolom 5 berisi Aspek keterampilan yang berkutat pada ranah Psikomotorik. Penilaian yang dibuat pada aspek ini adalah rentangan 4 sampai 1. Hal yang sama terjadi pada kolom 6 yang berkaitan dengan ranah afeksi.




2.       Untuk menyusun satu rencana pembelajaran sebaiknya diawali dengan mengkaji tagihan dari KI, KD dan seterusnya sampai dengan evaluasi,
anda diminta menyusun atau mengkreasi prosedur atau langkah-langkah menganalisis tagihan isi mulai tagihan KD sesuai kurikulum 2013
sampai dengan evaluasi hasil belajar untuk ketiga aspek.  Untuk lebih jelasnya anda harus menggunakan satu KD (KD  3.7 kelas XII) dari mata
pelajaran biologi SMA  kemudian dilanjutkan dengan KD dari KI_4, _2 dan 1.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
ALTERNATIF PEMBELAJARAN
ASPEK PENGETAHUAN
ASPEK KETERAMPILAN
ASPEK SIKAP
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
INDIKATOR
PENILAIAN
KD.3.7 mendeskripsikan hubungan
gen (DNA)-RNA- polipeptida dan
sintesis protein dalam fungsi
pembentukan sifat makhluk hidup

KD.4.9 menyajikan hasil analisis
DNA suatu makhluk hidup dan
menggambarkannya atau membuat
model wujud fisiknya sebagai produk


KD.2.1 berprilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu ,objektif,jujur,cermat,tekun, hati-
hati, bertanggung jawab,
terbuka,kritis,kreatif,inovatif dan
peduli lingkungan) dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
KD 1.1 mengagumi dan memahami
keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang proses-proses yang
terjadi pada tubuh makhluk hidup
ditingkat selluler dan menjaga
keteraturan tersebut sebagai tindakan
pengamalan menurut agama yang
dianutnya
Genetika
Mengamati
Siswa mengamati struktur bentuk DNA, RNA dalam bentuk Vidio flas, torso, dan gambar
Meanaya
Siswa bertanya mengenai hubungan antara DNA, RNA, Polipeptida, dan sintesis protein dalam  hal pembentukan sifat mahluk hidup
Mengumpukan data (eksperimen/eksplorasi)
Siswa melakukan percobaan / merancang/ menggambar model DNA dan RNA  
Mengasosiasi
Siswa mengasosiakan proses sintesis protein dengan RNA dan DNA
Mengkomunikasikan
1.Siswa memperesentasikan hasil (gambar) model DNA yang dibuat
2.Siswa mempresentasikan tahap- tahap dalam sintesis protein
1. Siswa mampu  mendeskripsikan hubungan antara gen (DNA)- RNA - polipeptida dan
sintesis protein dalam fungsi
pembentukan sifat makhluk hidup



1.Apa yang dimaksud dengan :
a. DNA
b. RNA
c. Polipetida

2. Jelaskan Tahap- tahap dalam sntesis protein!

3. Bagaimana Hubungan antara gen (DNA)-RNA- polipeptida dan sintesis
protein dalam fungsi
pembentukan sifat makhluk hidup ?


1 Siswa mampu membuat Model DNA dan RNA  dala bentuk Poster






1. Siswa membuat Model DNA dan RNA dengan keterangan (4)

2. siswa membuat model DNA dan RNA tanpa keterangan (3)

3. Siswa membuat model  DNA atau RNA saja dengan keteranagan (2)

4. Siswa membuat model DNA atau RNA saja tanpa keterangan. (1)
Rasa ingin tau
1 siswa aktif bertanya saat KBM dan pertanyaan sesuai dengan topic pembahasan (4)

2.Siswa (biasa) bertanya saat KBM dan petanyaan sesuai dengan topic yang dibahas

3. Siswa jarang bertanya saat KBM dan pertanyaannya  sesuai dengan topic (2)

4. siswa jarang betanya saat KBM dan pertanyyaanya tidak sesuai dengan topic (1)







3.      Berikut sebagian konten atau standar isi kurikulum 2103 untuk tingkat SMA, anda diminta menganalisis tagihan konten tersebut didasarkan pada
taksonomi Anderson, yang kemudian anda merumuskan indikator dan tujuan serta materi yang sesuai dengan tagihan tersebut.
KI
KD
TUNTUTAN KD
PENGELOMPOKAN MENURUT ANDERSON
INDIATOR
TUJUAN
MATERI
Dimensi kognitif
Dimensi pengetahuan
3 .Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, onseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta enerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi 

1.Mendeskripsikan teori evolusi

Understand
1.Konseptual
2. Faktual
1.siswa mampu menjelaskan teori evolusi

1.Melalui kajian pustaka siswa mampu menjelaskan teori evolusi dengan baik dan benar.

Evolusi
2.mendeskripsikan prinsip dan mekanisme evolusi
2. siswa mampu menjelaskan prinsip dan mekanisme evolusi
2. Melalui kajian pustaka siswa mampu menjelaskan prinsip dan mekanisme evolusi
3.12 Membedakan teori evolusi Darwin dan teori-teori lain. 

Membedakan teori evolusi Darwin dan teori-teori lain. 

Analyze
Konseptual
Siswa mapu membedakan teori evolusi Darwin dan teori evolusi Mark
Melalui diskusi kelompok Siswa mapu membedakan teori evolusi Darwin dan teori evolusi Mark dengan baik
Evolusi
3.13 Mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi 

Mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi
Understand
Prosedural
Siswa mampu mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi
Melui tinjauan pustaka siswa mampu mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi
Evolusi
3.14 Mendeskripsikan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi 

1.menjelaskan arti dan prinsip dasar bioteknologi
Understand
Konseptual
faktual
Siswa mampu menjelaskan definisi dan prinsip bioteknologi
Melalui praktikum kajian pustaka siswa mampu menjelaskan definisi dan prinsip bioteknologi dengan benar.
Bioteknologi
2.mendeskripsikan jenis- jenis bioteknologi


Siswa mampu mengidentifikasi jenis- jenis bioteknologi
Melaui tinjauan pustaka Siswa mampu mengidentifikasi jenis- jenis bioteknologi dengan benar
3.15 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Understand
Faktual
Siswa mampu menjelaskan implikasi bioteknologi pada sains, ligkungan, teknologi, dan masyarakat
Melalui diskusi Siswa mampu menjelaskan implikasi bioteknologi pada sains, ligkungan, teknologi, dan masyarakat dengan benar
Bioteknologi
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 


4.14 Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang beberapa fakta yang berhubungan
dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam serta menyusun
kesimpulan antara fakta dan hasil percobaan 

1.Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang beberapa fakta yang berhubungan dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam.



Siswa mampu menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai fakta yang berhubungan dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam
Melalui kegiatan diskusi Siswa mampu menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai fakta yang berhubungan dengan proses evolusi setelah melakukan percobaan seleksi alam dengan baik
Evolusi dan seleksi alam
2.  Menyusun
kesimpulan antara fakta dan hasil percobaan 



Siswa mampu Menyusun
kesimpulan antara fakta dan hasil percobaan 

Melalui diskusi kelompok Siswa mampu Menyusun
kesimpulan antara fakta dan hasil percobaan 


4.15 Menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui dalam kehidupan sehari-hari 

Menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui dalam kehidupan sehari-hari 



Siswa mampu menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui dalam kehidupan sehari-hari 

Melalui kegiatan presentasi Siswa mampu menyajikan laporan hasil identifikasi produk-produk bioteknologi yang dapat
ditemui dalam kehidupan sehari-hari  dengan baik

Bioteknologi



4.16 Menyajikan hasil diskusi proses kloning dari sudut ilmu pengetahuan dan agama
1. Menyajikan hasil diskusi proses kloning dari sudut ilmu pengetahuan dan agama.


Siswa mampu menyajikan hasil diskusi proses klonik dari sudut ilmu pengetahuan dan agam
Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menyajikan hasil diskusi proses klonik dari sudut ilmu pengetahuan dan agam
Bioteknologi (cloning dan bayi tabung)

4.       Anda diberikan contoh bagian dari RPP, anda diminta untuk menilai bagaimana bagian RPP tersebut mulai dari keterkaitan KD dengan bagian
berikutnya  sampai dengan materi dan metodenya dengan penjelasan yang komprehensif dan ilmiah
Jawab  
Pada dasarnya KD pada KI ini sudah dapat dikatakan  memiliki keterkaitan dengan indicator yang dibuat namun, 4 Indikator yang dibuat tersebut hanya berkutat pada ranah kognitif, tidak mencantumkan indicator yang berkenaan dengan aspek sikap/ afektiv  dan aspek psikomatornya. Sehingga jika dikaitkan dengan tujuan pembelajarannya  tidak akan efektif karena yang tercantum hanya aspek kognitifnya saja. Dan hal ini berdampak pada penilaian yang akan dibuat karena berdasarkan RPP yang dibuat , aspek yang dapat dinilai hanya aspek pengetahuan saja.
Alokasi waktu yang diberikan juga terlalu banyak untuk membahas materi pembelajaran tersebut, dengan jumlah pertemuan sebanyak 14 kali, sanagat membuang waktu, dan tidak efektif umtuk meteri lain yang memang mebutuhkan waktu ekstra dibandingkan dengan materi ini
Materi pembelajaran yang disuguhkan tidak jelas alurnya, sehingga membingungkan, karena materi pembelajaran yang disuguhkan bersifat umum dan tidak jelas arah/ vektornya. Dan sebaiknya materi yang dirancang agar di kelompokan berdasarkan taksonomi Bloom atau Anderson, agar lebih mudah dipahami dan di terapkan
Untuk metode pembelajaran yang dibuat kurang efektif, dan sebaiknya dikelompokan berdasarkan materinya karena tiap matreri tentunya memiliki metode/ model pembelajaran yang berbeda juga.
Kesimpulannya, RPP tersebut sangat tidak bagus dan FATAL


5.      Pada  tabel  3  terdapat KD    dari  kurikulum  2006/KTSP  dan  2013,  anda  diminta menganalisis KD  di  kurikulum  2006  dan  2013  terlebih  dulu
kemudian membandingkannya khususnya KD tertentu yang tagihannya mirip.

Analisis KD pada Kurukulim KTSP dan 2013
a.       KTSP
KD
Tuntutan KD
Penggolongan menurut Anderson
Dimensi Kognitif
Dimensipengetahuan
1.1  Mendeskripsikan  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan
1.mendeskripsikan komponen kimiawi sel
2.mendeskripsikan struktur dan fungsi sel
Understand
Konseptual
1.2  Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan
2. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan
Analize
Konseptual
1.3  Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
1. Mekanisme difusi
2. Mekanisme osmosis
3. Mekanisme transport aktif
4. Mekanisme endositisis
5. Mekanisme eksositosis
6. Membandingkan mekanisme transpor pada membran
Analize
Konseptual
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar
kultur jaringan
1. Mengidentifikasi struktur jaringan dan fungsi tumbuhan .
2. Menjelaskan sifat titopotensi sebagai dasar kultur jaringan
Analize
Konseptual Dan Faktual
2.2  Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
Understand
Konseptual
3.1  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses pada system gerak manusia
2. Menjelaskan kelainan  system gerak pada manusia
Aplyzing
1.Konseptual
2.Faktual
3.2  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses pada system Peredaran darah
2. Menjelaskan kelainan  system Peredaran darah

Aplyzing
1.Konseptual
2.Faktual
3.3  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia) 
1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses pada system pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
2. Menjelaskan kelainan  system pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Aplyzing
1.Konseptual
2.Faktual
3.4  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Alyzing
1konseptual
2. Faktual
3.5  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga)

1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses pada system ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga)

2. Menjelaskan kelainan  system ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
 pada manusia
Aplyzing
1. Konseptual
2. Faktual
3.6  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)

1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses pada system regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
2. Menjelaskan kelainan  system regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Aplyzing
1.Konseptual
2.Faktual
3.7  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi,
fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi
manusia

1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi sistem reproduksi manusia
2. Menjelaskan proses pembentukan sel kelamin
3. Menjelaskan proses ovulasi
4. Menjelaskan proses menstruasi
5. Menjelaskan proses fertilisasi
6. Menjelaskan proses kehamilan dan pemberian ASI
7. Menjelaskan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

Aplyzing
1.Konseptual
2. Faktual
3.8  Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Aplyzing
1.Konseptual
2.Faktual



b.      Kurikulum 2013
KD
Tuntutan KD
Penggolongan menurut Anderson
Dimensi Kognitif
Dimensi Pengetahuan
3.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan, mengidentifikasi organel sel melalui
pengamatan  

1.Mendeskripsikan komponen kimiawi sel
2. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel
3. mengidentifikasi organel sel melalui pengamatan  

Understand
Konseptual
3.2 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis) dari hasil
pengamatan 

1. Mendeskripsikan mekanisme difusi
2. Mendeskripsikan mekanisme osmosis
3. Mendeskripsikan mekanisme transport aktif
4. Mendeskripsikan mekanisme endositosis
5. Mendeskripsikan mekanisme eksositosis
6. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis) dari hasil
pengamatan 

1-5. understand
6. Analize
Konseptual
3.3 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan 
1.Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya
2. menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan 
Analyze
1.Konseptual
2.faktual
3.4 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan
mengkaitkannya dengan fungsinya 

Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan
mengkaitkannya dengan fungsinya 

1.Understand

Konseptual
3.5 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia 
1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses sistem gerak pada manusia  .
2. Mendeskripsikan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia 
Understand
1.Konseptual
2.Faktual
3.6 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem peredaran darah hewan ikan
1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada sistem peredaran darah manusia
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada sistem peredaran darah manusia
3. membandingkannya dengan sistem peredaran darah  manusia dan hewan ikan
1.Understand
2.Analyze
1. Konseptual
2. Faktual
3.7 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kalainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan  pada manusia dan membandingkan struktur pencernaan pada hewan
ruminansia 

1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada sistem pencernaan makanan manusia
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia
3. membandingkannya dengan sistem pencernaan makanan  manusia dan hewan ruminansia
1.Understand
2.Analyze
1. Konseptual
2. Faktual
3.8 Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernafasan pada manusia dan membandingkan dengan pernapasan pada hewan burung 

1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system  pada manusia
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada sistem pada manusia
3. membandingkannya dengan makanan  manusia dan
Analyze
1. Konseptual
2. Faktual
3.9 Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
dan membandingkannya dengan hewan ikan dan serangga  penginderaan) 

1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system ekskresi pada manusia
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada sistem ekskresi  pada manusia
3. membandingkannya dengan makanan  manusia dan hewan ikan dan serangga  penginderaan
Analyze
1. Konseptual
2. Faktual
3.10 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaian/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada system regulasi  pada manusia
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada sistem regulasi  pada manusia

Understand
1. Konseptual
2. Faktual
3.11 Merinci langkah-langkah perambatan impuls pada sistem syaraf secara fisik, kimia dan biologi dan mengkaitkannya dengan gerak otot 

Analyze
1.      Prosedural
3.12 Mendeskripsikan struktur dan fungsi serta kelainan yang terjadi pada sistem indera 
1. Mendeskripsikan strukturdan  fungsi pada system indera
2. menaganalisis kelainan/ penyakit pada system indera

Understand
1. Konseptual
2. Faktual
3.13 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi manusia 

1. Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI,
2.menganalisis kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia 
Understand
1. Konseptual
2. Faktual
3.14 Mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Understand
1. Konseptual
2. Faktual







Keterkaitan KD yang sama pada KTSP dan 2013
KD yang mirip pada Kurikulum
Penjelasan
2006
2013
1.1
3.1
Pada umumnya KD- KD pada kurikulum 2006 dan 2013 yang berada dikolom di samping tergolong memiliki kesamaan, namun tagihan yang diminta pada Kurikulum 2013 cukup tinggi karena tuntutan KDnya berkutat pada bagian Analyze, Aplyze, dan Understand. Namun lebih di dominasi oleh Analyze. Hal yang sama juga terjadi pada Kurikulu 2006, namun kebanyakan Kurikulum 2006  lebih didominasi pada Aplyze.  Hal ini secara langsung menjadikan kurikulum 2013 dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan 2013. Selain itu pada kurikulum 2013 jika dialasis kegiatan yang dirancang pada pembelajarannya lebih mengedepankan persentase keterlibatan siswa lebih tinngi dibandingkan dengan guru (student center), sedangkan pada kurikulum 2006 belum dapat dipastikan menggunakan student center atau teacher center, hal ini terjadi karena pada kurikulum 2006 tidak terdapat patokan awal mengenai bentuk kegiatan pembelajarannya, sehingga guru lebih berwenang menentukannya. Jika hal ini terjadi pada guru yang professional  setidaknya tidak berdampak buruk, namun jika terjadi pada guru- guru yang belum professional, hal ini akan  membahayakan.

1.3
3.2
2.1
3.3
2.2
3.4
3.1
3.5
3.2
3.6
3.3
3.7
3.4
3.8
3.5
3.9
3.6
3.10
3.7
3.13
3.8
3.14




SURAT PERNYATAAN

Berdasarkan perjanjian yang dibuat, bahwa yang bertandanda tangan di bawah ini :
Nama         : NURJIHATUL RIZKIAH
NIM          : E1A 012 034
Kelas         : IV B
Semester    : IV
Prodi         : PENDIDIKAN BIOLOGI

                        Menyatakan bahwa telah menyelesaikan tugas REVIEW CURRICULUM AND CONTENT OF BIOLOGY II     dengan mandiri/ tidak menjiplak tugas mahasiswa yang lain.


Mataram, 22 Mei 2014

Pembuat Tugas        



Nurjihatul Rizkiah
E1a012034   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar