Jumat, 20 September 2013

Perbedaan Sel Hewan & Tumbuhan





PERBEDAAN SEL HEWAN DAN TUMBUHAN


DISUSUN OLEH:

NURJIHATUL RIZKIAH
E1A012034
PENDIDIKAN BIOLOGI


FAKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM


StrukturSelHewan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQvdexgOuHkR5bBKusbX0NqNXoKnlNCXPZgQWKcd4L2PwV20yYiyvNDeJMD7btdcZeFBh7bzguGt3lxAmU2bvsSnoWGjKxcfu_ptghWJvf2z0t4geLn4w6HQO6vqOdDpEVagp3HP-45JEb/s320/sel+hewan.png

OrganelselHewandanFungsinya:
1.      Membran Plasma
Tersusunataslemak (lipid) dan protein (lipoprotein).Fungsinyayaitu: melindungisel, mengaturkeluarmasuknyazatdansebagaipenerimarangsangdariluar.

2.      Cilia
Cilia (tunggalnya cilium) danflagela (tunggalnyaflagelum) adalahalatataumesinpergerakansel, yang munculdarisuatuseltertentu.Cilia dalamsatuseljumlahnyabiasanyabanyak, ukurannyapendek, sedangkanflagelabiasanyatunggalatausedikitjumlahnyadanukurannyabisapanjang.Baik cilia atauflagelatersusunatasbagiantengahataupusatmikrotubuldobeldikelilingioleh 9 mikrotubuldobel.Olehkarenaitususunan cilia atauflagelaseringdisebutstrukturataupola 9+2 disebutstrukturazoneme.Mikrotubulpada cilia danflagelabertindaksebagaipendukungsekaligusalatpergerakanketikaorganel cilia danflagelabergetar.Pergerakanorganelitudisebabkankarenamikrotubulpenyusunnyaberlekuk.

3.      Retikulumendoplasama
Yaitustrukturberbentukbenang-benang yang bermuara di inti sel.
Dikenalduajenis RE yaitu :
• RE. Granuler (Rough E.R)
• RE. Agranuler (Smooth E.R)
Fungsi R.E. adalah : sebagaialattransportasizat-zat di dalamselitusendiri. Struktur R.E. hanyadapatdilihatdenganmikroskopelektron.

4.      Mitokondria
Strukturberbentukseperticerutuinimempunyaidua lapis membran.Lapisandalamnyaberlekuk-lekukdandinamakan Krista Fungsimitokondriaadalahsebagaipusatrespirasiseluler yang menghasilkanbanyak ATP (energi).karenaitumitokondriadiberijulukan "The Power House". Mitokondria (bentuktunggalnyaadalahmitokondrion) adalahorganel yang mengubahenergikimiamenjadienergi yang lain.

5.      Mikrofilamen
MikrofilamenSepertiMikrotubulus, tetapilebihlembut. Terbentukdarikomponenutamanyayaitu protein aktindanmiosin (sepertipadaotot).Mikrofilamenberperandalampergerakansel.k.Peroksisom (BadanMikro)UkurannyasamasepertiLisosom. Organelinisenantiasaberasosiasidenganorganellain, danbanyakmengandungenzimoksidasedankatalase (banyakdisimpandalamsel-selhati).

6.      Lisosom
LisosomFungsidariorganeliniadalahsebagaipenghasildanpenyimpanenzimpencernaanseluler.Salah satuenzimnyaitubernamaLisozym.

7.      Peroksisom
UkurannyasamasepertiLisosom. Organelinisenantiasaberasosiasidenganorganellain, danbanyakmengandungenzimoksidasedankatalase (banyakdisimpandalamsel-selhati).

8.      Ribosom
Ribosom (Ergastoplasma)Strukturiniberbentukbulatterdiridariduapartikelbesardankecil, ada yang melekatsepanjang R.E. danada pula yang soliter. Ribosommerupakanorganelselterkecil yang tersuspensi di dalam sel.
Fungsidariribosomadalah : tempatsintesis protein. Strukturinihanyadapatdilihatdenganmikroskopelektron.

9.      Sentriol/sentrosom
Strukturberbentukbintang yang berfungsidalampembelahansel(Mitosis maupun Meiosis). Sentrosombertindaksebagaibendakutubdalam mitosis dan meiosis.Strukturinihanyadapatdilihatdenganmenggunakanmikroskopelektron.

10.  Mikrotubulus
MikrotubulusBerbentukbenangsilindris, kaku, berfungsiuntukmempertahankanbentukseldansebagai “rangkasel”.Contohorganeliniantaralainbenang-benanggelembungpembelahanSelainitumikrotubulusbergunadalampembentakanSentriol, FlageladanSilia.

11.  Apparatus golgi
Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom)Organelinidihubungkandenganfungsiekskresisel, danstrukturinidapatdilihatdenganmenggunakanmikroskopcahayabiasa.Organelinibanyakdijumpaipada organ tubuh yang melaksanakanfungsiekskresi, misalnyaginjal.

12.  Nukleus
IntiSel (Nukleus)Intiselterdiridaribagian-bagianyaitu :• SelapueInti (Karioteka)• Nukleoplasma (Kariolimfa)• Kromatin / Kromosom • Nukleolus(anakinti).Berdasarkanadatidaknyaselaputintikitamengenal 2 penggolonganselyaitu :• SelProkariotik (sel yang tidakmemilikiselaputinti), misalnyadijumpaipadabakteri, ganggangbiru.• SelEukariotik (sel yang memilikiselaputinti).
Fungsidariintiseladalah :mengatursemuaaktivitas (kegiatan) sel, karena di dalamintiselterdapatkromosom yang berisi ADN yang mengatursintesis protein.

13.  Vakuola
Vakuolaorganelmempunyaibentuk, ukuran, danfungsiberbeda-beda.Fungsivakuolaberhubungandenganfungsilisosom.Padaseltanamanvakuolapusatberfungsisebagaitempatpenyimpanan, berperanandalampertumbuhanseldanberfungsisebagailisosombesar.Padaprotistavakuolakontraktilberfungsisebagaipengatur air.



StrukturSelTumbuhan

Organelaselpadatumbuhansebagianbesarsamadenganorganelapadahewan, hanyasajaadabeberapaperbedaandiantaranyadindingsel, kloroplasdanplasmodesmataberbedadenganselhewan. Namunadajugaorganelsepertilisosomdansentriolhanyaterdapatpadahewan.UntukOrganelaselhewandapatdilihatpadaentriStrukturSelHewan.

Struktur sel Tumbuhan
  
Adapunorganelatumbuhan yang berbedadenganhewanakandijelaskansebagaiberikut:

1.      DindingSel
Dindingselhanyaditemukanpadaseltumbuhan, sehinggaseltumbuhanbersifatkokohdankakuatautidaklentursepertiselhewan.Dindingseltumbuhanbanyaktersusunatasselulosa, suatupolisakarida yang terdiriataspolimerglukan (polimerglukosa).Dindingseltumbuhanberfungsiuntukmelindungi, mempertahankanbentuknyasertamencegahkehilangan air secaraberlebihan.Adanyadindingsel yang kuat, menyebabkantumbuhandapatberdiritegakmelawangravitasibumi.
Beberapasenyawapenyusundindingsel, antara lain: 
a. Hemiselulosa
     Hemiselulosamerupakanpolisakarida yang tersusunatasglukosa, xilosa, manosadanasamglukoronat.Di dalamdindingsel, hemiselulosaberfungsisebagaiperekatantarmikrofibrilselulosa.
b. Pektin
     Pektinmerupakanpolisakarida yang tersusunatasgalaktosa, arabinosa, danasamgalakturonat.
c. Lignin
    Lignin hanyadijumpaipadadindingsel yang dewasadanberfungsiuntukmelindungiseltumbuhanterhadaplingkungan yang tidakmenguntungkan.
d. Kutin
    Kutinmerupakansuatuselubungataulapisanpadapermukaanatasdaunataubatangdanberfungsiuntukmencegahdehidrasiakibatpenguapandanmelindungikerusakanselakibatpatogendariluar.
e. Protein danlemak
    Di dalamdindingselditemukandalamjumlah yang sedikit.


2.      Kloroplas
Kloroplasmerupakanorganelselbermembran yang hanyaditemukanpadaseltumbuhan.Organelinimengandungpigmenfotosintesis yang mampumelangsungkan proses fotosintesis, sehinggatumbuhandigolongkansebagaiprodusenkarenakemampuannyamenghasilkanmakanansendiri.
Kloroplasmerupakanplastida yang mengandungklorofilPlastidapadaseltumbuhanadabermacam-macamdenganfungsi yang berbeda -beda, Padaumumnyadiberinamasesuaidenganfungsinya, kandunganpigmenIainnya, adalahamiloplas, leukoplas, kromoplas, dansebagainya. Organelinihanyaditemukanpadaseltumbuhanatau organism autotrofuniseluler.
Padaorganelini, proses fotosintesisberlangsungsehinggaorganisme yang memilikikloroplasdigolongkanpadaorganismeautorof, karenakemampuannyadalammenghasilkanmakanansendiri.
Bentuk, ukurandanjumlahkloroplasuntuktiapselorganismeautorofberbeda-beda.Ada yang berbentuk pita, mangkuk, cakram, danbentuk - bentuklainnya.Lebar rata-rata kloroplasadalah 2 - 4 mikrometerdanpanjangnyaantara 5-10 mikrometer.jumlahkloroplasjugatergantungdarispesiesnya, misalnyaRicinuscomunisdapatmencapai 400.000 kloroplas per mm2 luasdaun.

3.      Plasmodesmata
Plasmodesmatamerupakanbentukhubunganataukomunikasiantarselsatudenganseltetangganya yang terjalinkarenaadanyajuluran membrane retikulumendoplasmasel yang satukesellainnyamelaluisuatucelahkhusus yang terbentuk di antarakeduasel yang berhimpitan.Plasmodesmatahanyaterdapatpadatumbuhan.


PERBEDAAN SEL HEWAN DAN TUMBUHAN

Perbedaan Struktur Sel Hewan Dan Tumbuhan

setelah pada kesempatan terdahulu saya sudah membahas tentang struktur sel tumbuhan dan struktur sel hewan nah pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan,
walupun antara
 sel hewan dan sel tumbuhan merupakan sel eukariotik namun antara sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan pada organel organel penyusunanya, hal ini karenakan cara hidup yang berbeda antara sel hewan da sel tumbuhan,
lantas apa yang  menjadi perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan
 
 nah coba kalian
 tabel perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan

Organel organel sel/ bagian bagian sel
Sel tumbuhan
Sel hewan
Sitoplasma
Ada
Ada
Dinding sel
Ada
Tidak ada
Nukleus
Ada
Ada
Membran plasma
Ada
Ada
Ribosom
Ada
Ada
RE
Ada
Ada
Lisosm
Ada
Ada
Kompleks Golgi
Ada
Ada
Mitokondria
Ada
Ada
Kloroplas
Ada
Tidak ada
Vakuola
Ada
Tidak ada,kecuali hewan uniseluler
Sentriol
Tidak ada,kecuali tumbuhan tingkat rendah
Ada
Sentrosom
Tidak ada,kecuali tumbuhan tingkat rendah
Ada
plastida
Ada
Tidak ada
Mikrofilamen
Ada
Ada
Tonoplas
Ada
Tidak Ada
Plasmodesmata
Ada
Tidak ada
setelah kita melihat tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan diatas kita tau bahwa organel organel sel yang hanya di miliki oleh sel tumbuhan dan tidak di miliki sel hewan yaitu, dinding sel, kloroplas,plastidatonoplas, plasmodesmata, sedangkan organel organel sel yang di miliki oleh sel hewan namun tidak di miliki oleh sel tumbuhan yaitu, sentriol dan sentrosom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar