Sabtu, 12 Juli 2014

Laporan Review Curriculum SMP



LAPORAN
MATA KULIAH CURRICULUM REVIEW 1



Oleh :
Nama   : NURJIHATUL RIZKIAH
NIM     : E1A012034



PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2013



DAFTAR ISI



A.      KELAS VII
a.       KI 3........................................................................................................... 1
b.      KI 4........................................................................................................... 5
c.       KI 2........................................................................................................... 9
d.      KI 1........................................................................................................... 12

B.       KELAS VIII
a.       KI 3.......................................................................................................... 13
b.      KI 4.......................................................................................................... 18
C.      KELAS IX
a.       KI 3.......................................................................................................... 22
b.      KI 4.......................................................................................................... 25

A.   KELAS VII

a.      Kompetensi Inti 3
Kompetensi Dasar
Kompetensi yang dituntut
Penggolongan menurut Anderson
Kelompok Materi
Susunan Materi
Dimensi Kognitif
Dimensi Pengetahuan
KD. 3.1
1.   Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri.
2.   Memahami konsep mahkluk hidup.
3.   Memahami konsep lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi
4.   Memahami pentingnya perumusan satuan terstandar ( baku ) dalam pengukuran
Understand
Prosedural
konsep
1.      pengukuran.
2.      mahkluk hidup.
3.      lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi
4.      pentingnya perumusan satuan terstandar ( baku ) dalam pengukuran
KD 3.2
1.   Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda – benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
Analyze
Konseptual
fakta
1.      Membedakan   ciri hidup dan tak hidup dari benda – benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
KD 3.3
1.   Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda – benda tidak hidup.
2.   Mengklasifikasikan berbagai ciri makhluk hdup dan benda- benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati
Understand
Prosedural
Konsep
1.      pengklasifikasian makhluk hidup dan benda – benda tidak hidup.
2.      n klasifikasi berbagai ciri makhluk hdup dan benda- benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati
KD 3.4
1.   Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
2.   Mendeskripsikan komposisi kimia utama penyusun sel
Understand
Prosedural
konsep
1.       keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
2.      komposisi kimia utama penyusun sel
KD 3. 5
1.   Memahami karakteristik zat.
2.   Memahami perubahan fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari.
Understand
Prosedural
konsep
1.      karakteristik zat.
2.      perubahan fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari
KD. 3. 6
1.  mengenal konsep energy
2. mengenal konsep berbagai sumber energy
3. memahami konsep  transformasi energi dalam sel,
metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis

REMEMBER
CONSEPTUAL
KONSEP
1.      ENERGI
(pengertian energ)

2.      SUMBER ENERGI
(bentuk energy, asal/sumber energy)

3.      TRANSFORMASI ENERGI
(konsep perpindahan energy, metabolism (anabolisme dan katabolisme), respirasi sel, mekanisme pencernaan makanan, fotosintesis ( reaksi terang dan reaksi gelap)
KD. 3. 7
1. Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, dan perpindahan kalor,
2. Memahami konsep  penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-
hari

UNDERSTAND
CONSEPTUAL
KONSEP
1.      SUHU dan KALOR
(pengertian suhu dan kalor, konsep pemuaian,alat pengukur suhu, satuanyang digunakan, benda-benda yang dapat menghantarkan kalor, prpses perpindahan suhu dan kalor,
2.      SUHU dan KALOR
(keterlibatan suhu dan kalor pada kehidupan sehari- hari)
KD. 3. 8
1. Mendeskripsikan interaksi antar mahluk hidup dan lingkungannya
UNDERSTAND
PROSEDURAL
KONSEP
INTERAKSI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANYA
KD. 3. 9
1.  Mendeskripsikan pencemaran lingkungan
2. mendeskripsikan  dampak pencemaran lingkungan bagi
makhluk hidup
UNDERSTAND
CONSEPTUAL
KONSEP
1.      DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN
(factor penyebab pencemaran dan cara penanggulangananya)
2.      DAMPAK PENCEMARANLINGKUNGAN
(Polusi udara, minimnya air bersih, menurunya unsure hara pada tanah)
KD. 3. 10
1. Mendeskripsikan ttentang penyebab terjadinya pemansan global
2.  mendeskripsikan dampak pemanasan global bagi eko sistem
UNDERSTAND
CONSEPTUAL
KONSEP
1.      PEMANASAN GLOBAL
(efek rumah kaca, Siklus
2.      PEMASAN GLOBAL
(bencana alam (banjir, elnino, gunung meletus, tanah longsor), pencemaran lingkungan (hujan asam))

b.      Kompetensi Inti 4  
Keterkaitan antara Kompetensi Dasar 3 dengan Kompetensi Dasar 4
No
Kompetensi Dasar pada  KI3
Kompetnsi Dasar pada KD4
Keterampilan yang diharapkan
Hal yang dinilai
1
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta Pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

Siswa diharapkan mampu menyajikan hasil pengukurannya dalam bentuk laporan, paper, atau penyajian dalam  bentuk presentasi menggunakanberbagai media misalnya menggunakan Power Point
HASIL
2
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
 4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup

Siswa diharapkan mampu menyajikan hasil analisis data berdasarkan observasi terhadap benda hidup dan tidak hidup
HASIL
3
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar

Siswa diharapkan mampu mengumpulkan data serta melakukan pengklasifikasian  terhadap benda- benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar                                                                            
PROSES
4
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
4.4 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya

Siswa mampu membuat dan  menyajikan poster tentang sel dan bagian- bagiannya
PROSES & HASIL
5
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan
campuran)
4.5 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia 
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
   
Siswa mampu melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
PROSES
6
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
4.6 Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau

Siswa mampu melakukan peneitian terhadap proses fotosintesis pada tumbuhan hijau melalui percobaan sederhana( mendesign percobaan)
PROSES
7
4.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor,dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda

Siswa mampu melakukan penelitian terhadap  pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda melalui percobaan ( merancang percobaan)
PROSES
8
4.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
4.8 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi

Siswa mampu melakukan penyelidikan terhadap  karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi (merancang percobaan)
PROSES
9
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
 4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan

Siswa mampu melakukan menyelidiki respirasi pada hewan melalui percobaan (merancang percobaan)
PROSES
10
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
4.10 Melakukanpengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur mikro tumbuhan dan hewan

Siswa mampu menggunakan alat untuk melakukan pengamatan
PROSES
11
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan
campuran)
4.11 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami

Siswa mampu menentukan sifat larutan  yang ada disekitar menggunakan indikator buatan maupun alami melalui penyelidikan
PROSES
12
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
 4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

Siswa mampu  Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk dengan lingkungan sekitarnya
HASIL
13
Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya
pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah

Siswa mampu menyajikan data dan informasi tentang  pemanasan  global  dan memberikan usulan penangggulangan  masalah
HASIL

c.       Kompetensi Inti 2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong royong), santun, percaya diri; dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
NO
SIKAP
INDIKATOR  SIKAP
1
Rasa Ingin tahu
*      Aktif bertanya terhadap hal – hal baru yang diperoleh dari pembelajaran dan observasi
*      Aktif dalam setiap proses KBM
*      Student center
2
Objektif
*      Menulis hasil penelitian sedasarkan pada kenyataan obkjek yang diamati (real)
*       Rasional dalam menentukan suatu hal (tidak melihat dari subjek)
3
Jujur
*      Mengerjakan tugas sesuai kemampuan
*      Tidak mencontoh/ menjiplak tugas teman
*      Menujukan hasil pengamatan (praktikum) sesuai dengan yang diamati
4
Teliti
*      Piawai dalam mengerjakan laporan dan tugas untuk meminimalisir kesalahan
*      Teliti dalam membuat preparat dan melakukan observasi
5
Cermat
*      Lihai dalam melakukan segala hal baik itu praktikum, tugas, dan laporan
*       Lihai dalam mengoreksi kesalahan pada setiap tugas
6
Tekun
*      Melakukan percobaan sesuai dengan prosedur
*      Menyelesaikan tugas dan laporan sesuai dengan waktu yang ditentukan
*       Menghargai waktu
7
Hati – hati
*      Terampil dalam menggunakan alat- alat laboratorium agar tiak rusak
*       Teliti dalam melakukan segala tugasnya
*      Tidak tergesa – gesa dalam mengambil tindakan
8
Bertanggung Jawab
*      Menerima konsekuensi terhadap apa yang dilakukan
*      Menyelesaikan tugas tepat waktu
9
Terbuka
*      Menerima kritik dan masukan dari berbagai pihak
*      Mampu mengontrol emosi dan prilaku
*      Meneruma kesalahan jika itu benar
10
Kritis
*       Bertanya dalam bentuk yang kompleks
*       Berpikir abstrak
*      Aktif bertanya sesuai dengan konteks dan konsep pelajaran
11
Kreatif
*      Membuat kreasi pada tugas yang diberikan
*      Mampu mengkolaborasikan unsure seni pada tugas (seni dalam berbahasa)
12
Inovatif
*      Melakukan dan mencoba hal baru untuk memecahkan masalah dan soal
*      Memanfaatkan benda- benda sekitar sebagai media pembelajaran
*      Membuat model pembelajaran dengan barang danda yang tidak terpakai
13
Peduli lingkungan
*       Tidak membuang sampah sembarang
*       Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah dan kelas
*      Menjalankan piket pada jadwal kebersihan kelas
14
Menghargai
*       Menerima pendapat teman saat diskusi
*       Menerima hasil kesepakatan
*      Tenggang rasa, sopan dalam bertindak dan santun dalam bertutur kata
15
Apresiasi
*      Memberikan penghargaan kepada keberhasilan teman
*      Memberikan penilain terhadap keberhasilan
16
Bijaksana
*      Mampu mengambil keputusan yang terbaik
*      Pandai menentukan sikap dalam melakukan berbagai tindakan
*      Bersifat netral pada setiap situasi



d.      Kompetensi Inti 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi dasar 1
Sikap yang diharapkan
1. 1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi
2.      Mengagumi kehidupan dalam ekosistem
3.      peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

1.2. Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya



A.   Kelas VIII
a.      Kompetensi Inti 3.
 Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual ,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI DASAR
PENGELOMPOKAN
MATERI
PENJABARAN MATERI
Cognitive  Dimention (Remember, Understand, Apply, Analyze, Evaluate, Create)
Knowledge Dimension (Factual, Conceptual, Procedural, metakognitive)
Materi dalam Fakta, Konsep, Prinsip, Hukum, Keterampilan
3.1  Memahami  gerak  lurus,  pengaruh  gaya  terhadap
gerak,  serta  penerapannya  pada  gerak  makhluk
hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
UNDERSTAND
FACTUAL & CINCEPTUAL
KONSEP
Gerak Lurus
1)      Pengertian gerak secara umum.
2)      Pengertian dan karakteristik gerak lurus.
3)      Penagruh apa yag diberikan gaya terhadap gerak.
4)      Pengaruh gaya terhadap gerak makhluk hidup.

3.2  Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari serta pada sistem
rangka manusia dan hewan
UNDERSTAND
PROCEDURAL
PRINSIP
Pesawat Sederhana
1)      Pengertian pesawat sederhana.
2)      Sistem rangka manusia yang menggunakan prinsip pesawat sederhana.
3)      Sistem rangka hewan yang menggunakan prinsip pesawat sederhana.

3.3  Mendeskripsikan tentang sifat material dan konsep
gaya yang digunakan dalam konstruksi bangunan,
serta pengaruh material tertentu terhadap kesehatan
manusia
UNDRSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Gaya
1)      Konsep dan pengertian gaya.
2)      Jenis-jenis pembagian gaya.
3)      Macam-macam pesawat sederhana.
4)      Zat-zat yang terkandung dalam kontruksi bangunan yang menyangkut pesawat sederhana yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
3.4  Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk
menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran darah serta transportasi cairan pada
tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada peristiwa
respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Fluida
1)      Pengertian dan sifat fluida.
2)      Rumus fluida.
3)      Prinsip kerja fluida dan penerapannya dalam transportasi darah.
4)      Proses dan sistem respirasi tumbuhan dan manusia yang meliputi ekanan osmosis, dan difusi.
3.5  Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan
pendengaran, serta penerapannya dalam sistem
sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
UNDERSTAD
CONCEPTUAL
KONSEP
Getaran dan Gelombang
1)      Konsep getaran.
2)      Konsep gelombang.
3)      Gelombang sumber bunyi.
4)      Gelombang bunyi..
5)      Penerapan bunyi dalam sistem sonar hewan.
6)      Penerapan prinsip kerja bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
3.6  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan
penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan
prinsip kerja alat optik
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Cahaya
1)      Pengertian cahaya.
2)      Sifat-sifat cahaya.
3)      Pembentkan bayangan benda.
4)      Sistem pengelihatan manusia.
5)      Struktur mata pada hewan.
6)      Prinsip kerja alat optik.
3.7  Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan
dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya
dalam teknologi yang terilhami oleh struktur
tersebut
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Jaringan Tumbuhan
1)      Struktur jaringan tumbuhan.
2)      Dampak positif dari prinsip struktur jaringan tumbuhan.
3)      Teknologi yang diihami oleh struktur jaringan tumbuhan.
3.8  Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Sistem Percernaan, Pernafasan, dan Perdaran Darah
1)      Sistem pencernaan beserta fungsinya.
2)      Sistem pernapasan beserta fngsinya.
3)      Sistem peredaran darah beserta fungsinya.
4)      Hubungan sistem pencernaan dan sistem pernapasan.
5)      Energi yang dihasilkan dari makanan.
3.9  Mengenal konsep listrik statis, potensial listrik,
hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf,
kelistrikan pada jantung, kelistrikan tulang, dan
hewan-hewan yang mengandung listrik
REMEMBER
CONCEPTUAL
KONSEP
Listrik Statis
1)      Pengertian listrik statis.
2)      Benda-benda yang dapat dimuati listrik.
3)      Potensial listrik..
4)      Gaya gerak dan hambatan listrik pada sistem syaraf.
5)      Gaya gerak dan hambatan listrik pada sistem jantung.
6)      Kelistrikan tulang.
7)      Hewan-hewan yang bertegangan listrik.
3.10  Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan)
dalam makanan dan minuman (segar dan dalam
kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta
pengaruhnya terhadap kesehatan
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Zat Aditif pada Makanan
1)      zat aditif (alami dan buatan).
2)      Zat aditif yang terkandung dalam makanan dan minuman (segar maupun kemasan).
3)      Dampak negatif zat aditif.
.
3.11  Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan, dan
manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan
makhluk hidup
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Reproduksi
1)      Sistem reproduksi pada tumbhan.
2)      Sistem reproduksi pada hewan.
3)      Sistem reproduksi pada manusia.
4)      Proses kelangsungan hidup manusia.
3.12  Mendeskripsikan penyebab perkembangan
penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
UNDERSTAND
PROCEDURAL
KONSEP
Perkembangan Penduduk
1)      penyebab terjadinya perkembangan penduduk.
2)      Dampak perkembangan penduduk bagi lingkungan.
3.13  Memahami struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta
kaitannya dengan keragaman batuan dan mineral di
beberapa daerah
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Bumi
1)      Struktur dan sifat-sifat bagian bumi
2)      Penyebab terjadi fenomena gempa bumi.
3)      Penyebab terjadi fenomena gunung api.
4)      Keragaman batuan dan mineral dibeberapa daerah yang disebabkan oleh fenomena alam yang sering terjadi.
3.14  Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi,
bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran,
struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di
bumi
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Tata Surya
1) karakteristik benda-benda dilangit yang meliputi matahari, bumi,
bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran,
struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya.
2) radiasi matahari beserta pengaruhnya terhadap kehidupan bumi.
3.15  Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap
matahari serta menjelaskan perubahan siang dan
malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana
bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
UNDERSTAND
CONCEPTUAL
KONSEP
Rotasi dan Revolusi
1)      Pengertian Rotasi dan Revolusi
2)      Gerakan bumi terhadap bulan dan matahari pada sumbunya.
3)      Proses terjadinya perubahan siang dan malam.
4)      Dampak proses yang terjadi pada matahari,bula dan bumi terhadap kehidupan dibumi.


a.       Kompetensi Inti 4.
Mengolah, menyaji, dan menalar ranah konkret( mengggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain
KOMPETENSI DASAR
KETERKAITAN DENGAN KD PADA KI3
KETERAMPILAN YANG MUNCUL


4.1  Melakukan penyelidikan  tentang  gerak,  gerak pada makhluk  hidup,  dan  percobaan  tentang  pengaruh
gaya terhadap gerak
3.1  Memahami  gerak  lurus,  pengaruh  gaya  terhadapgerak,  serta  penerapannya  pada  gerak  makhlukhidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
*      Mampu melakukan penyelidikan terhadap gerak pada diri dan mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
*      Terampil dalam melakukan kerjailmiah atau percobaan. 

4.2 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
3.2  Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari serta pada sistem
rangka manusia dan hewan
*      Mampu melakukan penyelidikan dan menerapkan konsep dalam pembuatan pesawat sederhana dalam kehidupan.

4.3  Membuat proyek miniatur  jembatan  atau bangunan dengan memanfaatkan konsep gaya
3.3  Mendeskripsikan tentang sifat material dan konsep gaya yang digunakan dalam konstruksi bangunan, serta pengaruh material tertentu terhadap kesehatan
manusia
*      Membuat desain miniatur jembatan dan bangunan berlandaskan pada konsep gaya.

4.4  Melakukan  percobaan  untuk  menyelidiki  tekanan cairan  pada  kedalaman  tertentu,  gaya  apung, kapilaritas, dan tekanan cairan pada ruang tertutup
3.4  Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
*      Mampu dalam melakukan kerja ilmiah
*      Terampil membuat proyek miniature.

4.5  Melakukan  percobaan  untuk  menyelidiki  transport cairan dalam batang tumbuhan
3.4  Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
*      Terampil dalam menggunakan alat dan melakukan kerja ilmiah

4.6  Membuat  laporan  hasil  penyelidikan  tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan
prinsip kerja alat optik
*      Mampu membuat laporan penyelidikan, penyajian data dan publikasi data tentang gaya pada cermin

4.7 Melakukan  percobaan  untuk  menyelidiki  muatan listrik  statis  dan  interaksinya,  serta  sifat  hantaran listrik bahan 
3.9  Mengenal konsep listrik statis, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf,
kelistrikan pada jantung, kelistrikan tulang, dan hewan-hewan yang mengandung listrik
*      Terampil dalam melakukan percobaan dan tepat dalam penggunaan alat

4.8  Menyajikan  karya  hasil  perkembangbiakan  pada tumbuhan

3.11  Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan, dan manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
*  Terampil dalam menyajikan hasil observasi dalam hal penyajian dan publikasi hasil karya.

4.9 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
3.7  Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
*      Terampil dalam melakukan pengamatan
*      Terampil mengemukakan pendapat

4.10  Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
3.4  Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari
*      Terampil dalam melakukan kerja ilmiah sesuai dengan sistematis yang dituntut.

4.11 Menyajikan  data,  informasi,  dan  mengusulkan  ide pemecahan  masalah  untuk  menghindari  terjadinya penyalahgunaan  zat  aditif  dalam  makanan  dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
3.10  Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
*      Terampil dalam membuat data.
*      Terampil dalam mengkomunikasikan hasil observasi
*      Terampil dalam mengemukakan pendapat

4.12  Membuat laporan tentang sumber daya alam berupa unsur atau senyawa kimia yang ada di Indonesia
3.13  Memahami struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan keragaman batuan dan mineral di
beberapa daerah
*      Terampil menyajikan data hasil obervasi
*      Terampil mengkomunikasikan hasil observasi

4.13  Menyajikan  informasi berdasarkan pengolahan data fenomena gempa bumi dan gunung api di Indonesia
3.13  Memahami struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan keragaman batuan dan mineral di
beberapa daerah
*      Terampil dalam menyajikan data hasil observasi.
*      Mampu menghubungkan materi dengan fakta yang ada

4.14  Menyajikan  laporan  hasil  pengamatan  atau penelusuran  informasi  tentang  karakteristik komponen tata surya
3.14  Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.15  Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
*      Mampumembuat data hasil observasi terkait penelusuran
*      Mampu mempublikasikan hasil karya pada publik





B.   KELAS IX

a.      Kompetensi Inti 3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual ,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KD 3 .

Kompetensi yang dituntut
Penggolongan menurut anderson
Kelompok materi
Materi
Dimensi kognitif
Dimensi pengetahuan
3.1
1.       Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia
2.       mendeskripsikan prinsip keseimbangan dan gaya statik dalam menjalankan fungsinya pada berbagai kondisi
Understand
konseptual
Konsep
1.    Struktur rangka
2.    Otot pada manusia
3.    Prinsip keseimbangan dan gaya statik dan fungsinya
3.2
1.       Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia
2.       Menjelaskan  penerapannya dalam menjaga kesehatan
Understand
Konseptual

Konsep
1.    Struktur dan fungsi alat ekskresi pada manusia
2.    Penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
Faktual
Fakta
3.3
1.      Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
Understand
Konseptual

Konsep
fakta
1.    Struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
2.    Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
3.    Dampak negatif hubungan badan pranikah serta pencegahannya
2.      Mendeskripsikan kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Understand

Konseptual
3.      Mendeskripsikan dampak negatif hubungan badan pranikah serta pencegahannya
Analize
3.4
1.      Memahami konsep atom dan penyusunnya
2.      Memahami konsep ion dan molekul
Understand

Konseptual
Konsep
1.    Atom dan penyusunnya
2.    Ion dan molekul
3.    Hubungan karakteristik material
3.      Memahami hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Analyze
Fakta
3.5
1.    Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik
2.    Mendeskripsikan transmisi energi listrik
3.    Mendeskrisikan sumber-sumber energi listrik alternatif( termasuk bioenergi)
4.    Mendeskripsikan berbagai upaya
Understand

Konseptual
Konsep , hukum, fakta
1.      Rangkaian listrik
2.      Tranmisi energi listrik
3.      Sumber-sumber energi listrik alternatif
4.      Upaya dalam menghemat energi listrik
5.      Teknologi listrik pada alat elektrokardiografi dan alat bantu pendengaran
5.    dalam menghemat energi listrik
6.    Mendeskripsikan teknologi listrik yang digunakan dalam elektrokardiografi(EKG) dan alat bantu pendengaran

Analize
3.6
1.      Mendeskripsikan konsep medan listrik
2.      Mendeskripsikan medan magnet
3.      Mendeskripsikan induksi elektromagnetik
4.      Mendeskripsikan penggunaannya dalam produk teknologi
5.      Pemanfaatan medan listrik dan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi

Understand
Konseptual
Konsep
1.            Medan listrik
2.            Medan magnet
3.            Induksi elektromagnetik
4.            Penggunaan induksi elektromagnetik dalam produk teknologi
5.            Pemanfaatan medan listrik dan magnet dalam navigasi
3.7
1.      Mendeskripsikan cara kerja laser dan peralatan difraksi sinar-X serta pemanfaatannya untuk perawatan kesehatan

Understand
Prosedural
Konsep
Cara kerja laser dan peralatan difraksi sinar –X dan manfaatnya dalam perawatan kesehatan
3.8
1.       Mengidenfikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan makhluk hidup
Analyze
Prosedural
Konsep
pewarisan sifat dan  penerapanya
3.9
1.      Menyajikan data dan laporan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

Analyze
Prosedural
Konsep Keterampilan
Bioteknologi

3.10
1.    Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan

Analyze
Konseptual
Konsep
Teknologi yang merusak dan ramah lingkungan
3.11
1.    Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan
Analyze
Prosedural
ketrampilan
Tanah dan Organisme tanah


b.      Kompetensi inti 4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca , menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi dasar
Keterampilan
4. 1 menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gisi makanan dan perilaku sehari-hari
Menyajikan tulisan, mengkomunikasikan data tulisan
4.2 membuat peta pemikiran ( mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
Membuat peta pemikiran,
Pengaplikasian konsep struktur dan fungsi sistem ekskresi 
4.3 menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
Menyajikan data hasil penelusuran,
Menyampaikan (lisan) informasi yang disajikan
4.4 melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
Melakukan penyelidikan,
Terampil dalam penggunaan alat
4.5 membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektro magnetik dan induksi elektromagnetik
Membuat karya yang sederhana
4.6 melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat makhluk hidup
Melakukan percobaan.
Penggunaan alat dan bahan percobaan
4.7 menyajikan data dan laporan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
 Menyajikan data, laporan, menyimpulkan, mengkomunikasikan data
4.8 menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
Menyajikan data dan informasi, menyimpulkan, mengkomunikasikan data dan informasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar