LAPORAN
MATA KULIAH CURRICULUM REVIEW 1
Oleh :
Nama : NURJIHATUL
RIZKIAH
NIM : E1A012034
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2013
DAFTAR ISI
A. KELAS VII
a.
KI 3........................................................................................................... 1
b.
KI 4........................................................................................................... 5
c.
KI 2........................................................................................................... 9
d.
KI
1........................................................................................................... 12
B. KELAS VIII
a.
KI 3.......................................................................................................... 13
b.
KI 4.......................................................................................................... 18
C. KELAS IX
a.
KI 3.......................................................................................................... 22
b.
KI 4.......................................................................................................... 25
A.
KELAS VII
a. Kompetensi
Inti 3
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi yang dituntut
|
Penggolongan menurut Anderson
|
Kelompok Materi
|
Susunan Materi
|
|
Dimensi Kognitif
|
Dimensi Pengetahuan
|
||||
KD. 3.1
|
1. Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri.
2. Memahami
konsep mahkluk hidup.
3. Memahami
konsep lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi
4. Memahami
pentingnya perumusan satuan terstandar ( baku ) dalam pengukuran
|
Understand
|
Prosedural
|
konsep
|
1. pengukuran.
2. mahkluk
hidup.
3. lingkungan
fisik sekitar sebagai bagian dari observasi
4. pentingnya
perumusan satuan terstandar ( baku
) dalam pengukuran
|
KD
3.2
|
1. Mengidentifikasi
ciri hidup dan tak hidup dari benda – benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar
|
Analyze
|
Konseptual
|
fakta
|
1. Membedakan ciri hidup dan tak hidup dari benda –
benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
KD
3.3
|
1. Memahami
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda – benda tidak hidup.
2. Mengklasifikasikan
berbagai ciri makhluk hdup dan benda- benda tak hidup berdasarkan ciri yang
diamati
|
Understand
|
Prosedural
|
Konsep
|
1. pengklasifikasian
makhluk hidup dan benda – benda tidak hidup.
2. n
klasifikasi berbagai ciri makhluk hdup dan benda- benda tak hidup berdasarkan
ciri yang diamati
|
KD
3.4
|
1. Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
2. Mendeskripsikan
komposisi kimia utama penyusun sel
|
Understand
|
Prosedural
|
konsep
|
1. keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme.
2. komposisi
kimia utama penyusun sel
|
KD
3. 5
|
1. Memahami
karakteristik zat.
2. Memahami
perubahan fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari
– hari.
|
Understand
|
Prosedural
|
konsep
|
1. karakteristik
zat.
2. perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari
|
KD.
3. 6
|
1. mengenal konsep energy
2.
mengenal konsep berbagai sumber energy
3.
memahami konsep transformasi energi
dalam sel,
metabolisme
sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
|
REMEMBER
|
CONSEPTUAL
|
KONSEP
|
1. ENERGI
(pengertian
energ)
2. SUMBER
ENERGI
(bentuk
energy, asal/sumber energy)
3. TRANSFORMASI
ENERGI
(konsep
perpindahan energy, metabolism (anabolisme dan katabolisme), respirasi sel,
mekanisme pencernaan makanan, fotosintesis ( reaksi terang dan reaksi gelap)
|
KD. 3. 7
|
1.
Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor,
dan perpindahan kalor,
2.
Memahami konsep penerapannya dalam
mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan
sehari-
hari
|
UNDERSTAND
|
CONSEPTUAL
|
KONSEP
|
1. SUHU
dan KALOR
(pengertian
suhu dan kalor, konsep pemuaian,alat pengukur suhu, satuanyang digunakan,
benda-benda yang dapat menghantarkan kalor, prpses perpindahan suhu dan
kalor,
2. SUHU
dan KALOR
(keterlibatan
suhu dan kalor pada kehidupan sehari- hari)
|
KD.
3. 8
|
1.
Mendeskripsikan interaksi antar mahluk hidup dan lingkungannya
|
UNDERSTAND
|
PROSEDURAL
|
KONSEP
|
INTERAKSI
MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANYA
|
KD.
3. 9
|
1. Mendeskripsikan pencemaran lingkungan
2.
mendeskripsikan dampak pencemaran lingkungan
bagi
makhluk
hidup
|
UNDERSTAND
|
CONSEPTUAL
|
KONSEP
|
1. DAMPAK
PENCEMARAN LINGKUNGAN
(factor
penyebab pencemaran dan cara penanggulangananya)
2. DAMPAK
PENCEMARANLINGKUNGAN
(Polusi
udara, minimnya air bersih, menurunya unsure hara pada tanah)
|
KD.
3. 10
|
1.
Mendeskripsikan ttentang penyebab terjadinya pemansan global
2. mendeskripsikan dampak pemanasan global
bagi eko sistem
|
UNDERSTAND
|
CONSEPTUAL
|
KONSEP
|
1. PEMANASAN
GLOBAL
(efek
rumah kaca, Siklus
2. PEMASAN
GLOBAL
(bencana
alam (banjir, elnino, gunung meletus, tanah longsor), pencemaran lingkungan
(hujan asam))
|
b. Kompetensi
Inti 4
Keterkaitan
antara Kompetensi Dasar 3 dengan Kompetensi Dasar
4
No
|
Kompetensi Dasar pada KI3
|
Kompetnsi Dasar pada KD4
|
Keterampilan yang diharapkan
|
Hal yang dinilai
|
1
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
Pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
4.1
Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan
baku
|
Siswa
diharapkan mampu menyajikan hasil pengukurannya dalam bentuk laporan, paper,
atau penyajian dalam bentuk presentasi
menggunakanberbagai media misalnya menggunakan Power Point
|
HASIL
|
2
|
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda
dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
Siswa
diharapkan mampu menyajikan hasil analisis data berdasarkan observasi
terhadap benda hidup dan tidak hidup
|
HASIL
|
3
|
3.3
Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup
dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
|
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
Siswa
diharapkan mampu mengumpulkan data serta melakukan pengklasifikasian terhadap benda- benda, tumbuhan, dan hewan
yang ada di lingkungan sekitar
|
PROSES
|
4
|
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
|
4.4
Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
|
Siswa
mampu membuat dan menyajikan poster
tentang sel dan bagian- bagiannya
|
PROSES & HASIL
|
5
|
3.5
Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang
dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan
campuran)
|
4.5
Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
yang
dipelajari di sekolah
dan
sumber lain yang
sama
dalam sudut pandang/teori
|
Siswa
mampu melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
|
PROSES
|
6
|
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis
|
4.6
Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada
tumbuhan hijau
|
Siswa
mampu melakukan peneitian terhadap proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
melalui percobaan sederhana( mendesign percobaan)
|
PROSES
|
7
|
4.7
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan
kalor,dan penerapannya dalam
mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.7
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu
dan perubahan wujud benda
|
Siswa
mampu melakukan penelitian terhadap pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan
perubahan wujud benda melalui percobaan ( merancang percobaan)
|
PROSES
|
8
|
4.7
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya
dalam
mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.8
Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Siswa
mampu melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi (merancang percobaan)
|
PROSES
|
9
|
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis
|
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
respirasi pada hewan
|
Siswa
mampu melakukan menyelidiki respirasi pada hewan melalui percobaan (merancang
percobaan)
|
PROSES
|
10
|
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
|
4.10
Melakukanpengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki
struktur mikro tumbuhan dan hewan
|
Siswa
mampu menggunakan alat untuk melakukan pengamatan
|
PROSES
|
11
|
3.5
Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang
dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan
campuran)
|
4.11
Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan
sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
|
Siswa
mampu menentukan sifat larutan yang
ada disekitar menggunakan indikator buatan maupun alami melalui penyelidikan
|
PROSES
|
12
|
3.8
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
|
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
Siswa
mampu Menyajikan hasil observasi
terhadap interaksi makhluk dengan lingkungan sekitarnya
|
HASIL
|
13
|
Mendeskripsikan
tentang penyebab terjadinya
pemanasan
global dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.13
Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan
penanggulangan masalah
|
Siswa
mampu menyajikan data dan informasi tentang
pemanasan global dan memberikan usulan penangggulangan masalah
|
HASIL
|
c.
Kompetensi Inti 2
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri; dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
NO
|
SIKAP
|
INDIKATOR SIKAP
|
1
|
Rasa
Ingin tahu
|
Aktif bertanya terhadap hal – hal
baru yang diperoleh dari pembelajaran dan observasi
Aktif dalam setiap proses KBM
Student center
|
2
|
Objektif
|
Menulis hasil penelitian
sedasarkan pada kenyataan obkjek yang diamati (real)
Rasional dalam menentukan suatu hal (tidak
melihat dari subjek)
|
3
|
Jujur
|
Mengerjakan tugas sesuai
kemampuan
Tidak mencontoh/ menjiplak tugas
teman
Menujukan hasil pengamatan
(praktikum) sesuai dengan yang diamati
|
4
|
Teliti
|
Piawai dalam mengerjakan laporan
dan tugas untuk meminimalisir kesalahan
Teliti dalam membuat preparat dan
melakukan observasi
|
5
|
Cermat
|
Lihai dalam melakukan segala hal
baik itu praktikum, tugas, dan laporan
Lihai dalam mengoreksi kesalahan pada setiap
tugas
|
6
|
Tekun
|
Melakukan percobaan sesuai dengan
prosedur
Menyelesaikan tugas dan laporan
sesuai dengan waktu yang ditentukan
Menghargai waktu
|
7
|
Hati
– hati
|
Terampil dalam menggunakan alat-
alat laboratorium agar tiak rusak
Teliti dalam melakukan segala tugasnya
Tidak tergesa – gesa dalam
mengambil tindakan
|
8
|
Bertanggung
Jawab
|
Menerima konsekuensi terhadap apa
yang dilakukan
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
9
|
Terbuka
|
Menerima kritik dan masukan dari
berbagai pihak
Mampu mengontrol emosi dan
prilaku
Meneruma kesalahan jika itu benar
|
10
|
Kritis
|
Bertanya dalam bentuk yang kompleks
Berpikir abstrak
Aktif bertanya sesuai dengan
konteks dan konsep pelajaran
|
11
|
Kreatif
|
Membuat kreasi pada tugas yang
diberikan
Mampu mengkolaborasikan unsure
seni pada tugas (seni dalam berbahasa)
|
12
|
Inovatif
|
Melakukan dan mencoba hal baru
untuk memecahkan masalah dan soal
Memanfaatkan benda- benda sekitar
sebagai media pembelajaran
Membuat model pembelajaran dengan
barang danda yang tidak terpakai
|
13
|
Peduli
lingkungan
|
Tidak membuang sampah sembarang
Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah dan
kelas
Menjalankan piket pada jadwal
kebersihan kelas
|
14
|
Menghargai
|
Menerima pendapat teman saat diskusi
Menerima hasil kesepakatan
Tenggang rasa, sopan dalam
bertindak dan santun dalam bertutur kata
|
15
|
Apresiasi
|
Memberikan penghargaan kepada
keberhasilan teman
Memberikan penilain terhadap
keberhasilan
|
16
|
Bijaksana
|
Mampu mengambil keputusan yang
terbaik
Pandai menentukan sikap dalam
melakukan berbagai tindakan
Bersifat netral pada setiap
situasi
|
d. Kompetensi
Inti 1
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi dasar 1
|
Sikap yang diharapkan
|
1. 1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
|
1. Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi
2. Mengagumi
kehidupan dalam
ekosistem
3.
peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.2. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
1.
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
A.
Kelas VIII
a. Kompetensi Inti 3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan ( faktual ,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI
DASAR
|
PENGELOMPOKAN
|
MATERI
|
PENJABARAN
MATERI
|
||
Cognitive Dimention (Remember, Understand, Apply,
Analyze, Evaluate, Create)
|
Knowledge
Dimension (Factual, Conceptual, Procedural, metakognitive)
|
Materi dalam
Fakta, Konsep, Prinsip, Hukum, Keterampilan
|
|||
3.1 Memahami
gerak lurus, pengaruh
gaya terhadap
gerak, serta
penerapannya pada gerak
makhluk
hidup dan
gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
UNDERSTAND
|
FACTUAL &
CINCEPTUAL
|
KONSEP
|
Gerak Lurus
|
1) Pengertian
gerak secara umum.
2) Pengertian
dan karakteristik gerak lurus.
3) Penagruh
apa yag diberikan gaya terhadap gerak.
4) Pengaruh
gaya terhadap gerak makhluk hidup.
|
3.2 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam
kehidupan sehari-hari serta pada sistem
rangka manusia
dan hewan
|
UNDERSTAND
|
PROCEDURAL
|
PRINSIP
|
Pesawat
Sederhana
|
1) Pengertian
pesawat sederhana.
2) Sistem
rangka manusia yang menggunakan prinsip pesawat sederhana.
3)
Sistem rangka hewan yang
menggunakan prinsip pesawat sederhana.
|
3.3 Mendeskripsikan tentang sifat material dan
konsep
gaya yang
digunakan dalam konstruksi bangunan,
serta pengaruh
material tertentu terhadap kesehatan
manusia
|
UNDRSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Gaya
|
1) Konsep
dan pengertian gaya.
2) Jenis-jenis
pembagian gaya.
3) Macam-macam
pesawat sederhana.
4) Zat-zat
yang terkandung dalam kontruksi bangunan yang menyangkut pesawat sederhana
yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
|
3.4 Memahami sifat fluida dan menerapkannya
untuk
menjelaskan
transportasi darah dalam sistem
peredaran
darah serta transportasi cairan pada
tumbuhan,
tekanan osmosis, difusi pada peristiwa
respirasi serta
penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Fluida
|
1) Pengertian
dan sifat fluida.
2) Rumus
fluida.
3) Prinsip
kerja fluida dan penerapannya dalam transportasi darah.
4) Proses
dan sistem respirasi tumbuhan dan manusia yang meliputi ekanan osmosis, dan
difusi.
|
3.5 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi,
dan
pendengaran,
serta penerapannya dalam sistem
sonar pada
hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
|
UNDERSTAD
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Getaran dan
Gelombang
|
1) Konsep
getaran.
2) Konsep
gelombang.
3) Gelombang
sumber bunyi.
4) Gelombang
bunyi..
5) Penerapan
bunyi dalam sistem sonar hewan.
6) Penerapan
prinsip kerja bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.6 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya,
pembentukan
bayangan,
serta aplikasinya untuk menjelaskan
penglihatan
manusia, struktur mata pada hewan, dan
prinsip kerja
alat optik
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Cahaya
|
1) Pengertian
cahaya.
2) Sifat-sifat
cahaya.
3) Pembentkan
bayangan benda.
4) Sistem
pengelihatan manusia.
5) Struktur
mata pada hewan.
6) Prinsip
kerja alat optik.
|
3.7 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan
dan fungsinya,
serta berbagai pemanfaatannya
dalam
teknologi yang terilhami oleh struktur
tersebut
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Jaringan
Tumbuhan
|
1) Struktur
jaringan tumbuhan.
2) Dampak
positif dari prinsip struktur jaringan tumbuhan.
3) Teknologi
yang diihami oleh struktur jaringan tumbuhan.
|
3.8 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya
dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran
darah, dan penggunaan energi makanan
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Sistem
Percernaan, Pernafasan, dan Perdaran Darah
|
1) Sistem
pencernaan beserta fungsinya.
2) Sistem
pernapasan beserta fngsinya.
3) Sistem
peredaran darah beserta fungsinya.
4) Hubungan
sistem pencernaan dan sistem pernapasan.
5) Energi
yang dihasilkan dari makanan.
|
3.9 Mengenal konsep listrik statis, potensial
listrik,
hantaran
listrik, kelistrikan pada sistem syaraf,
kelistrikan
pada jantung, kelistrikan tulang, dan
hewan-hewan
yang mengandung listrik
|
REMEMBER
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Listrik Statis
|
1) Pengertian
listrik statis.
2) Benda-benda
yang dapat dimuati listrik.
3) Potensial
listrik..
4) Gaya
gerak dan hambatan listrik pada sistem syaraf.
5) Gaya
gerak dan hambatan listrik pada sistem jantung.
6) Kelistrikan
tulang.
7) Hewan-hewan
yang bertegangan listrik.
|
3.10 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan
buatan)
dalam makanan
dan minuman (segar dan dalam
kemasan), dan
zat adiktif-psikotropika serta
pengaruhnya
terhadap kesehatan
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Zat Aditif
pada Makanan
|
1) zat
aditif (alami dan buatan).
2) Zat
aditif yang terkandung dalam makanan dan minuman (segar maupun kemasan).
3) Dampak
negatif zat aditif.
.
|
3.11 Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan,
dan
manusia, sifat
keturunan, serta kelangsungan
makhluk hidup
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Reproduksi
|
1) Sistem
reproduksi pada tumbhan.
2) Sistem
reproduksi pada hewan.
3) Sistem
reproduksi pada manusia.
4) Proses
kelangsungan hidup manusia.
|
3.12 Mendeskripsikan penyebab perkembangan
penduduk dan
dampaknya bagi lingkungan
|
UNDERSTAND
|
PROCEDURAL
|
KONSEP
|
Perkembangan
Penduduk
|
1) penyebab
terjadinya perkembangan penduduk.
2) Dampak
perkembangan penduduk bagi lingkungan.
|
3.13 Memahami struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa
bumi dan gunung api, serta
kaitannya
dengan keragaman batuan dan mineral di
beberapa
daerah
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Bumi
|
1) Struktur
dan sifat-sifat bagian bumi
2) Penyebab
terjadi fenomena gempa bumi.
3) Penyebab
terjadi fenomena gunung api.
4) Keragaman
batuan dan mineral dibeberapa daerah yang disebabkan oleh fenomena alam yang
sering terjadi.
|
3.14 Mendeskripsikan karakteristik matahari,
bumi,
bulan, planet,
benda angkasa lainnya dalam ukuran,
struktur, gaya
gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di
bumi
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Tata Surya
|
1)
karakteristik benda-benda dilangit yang meliputi matahari, bumi,
bulan,
planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran,
struktur,
gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya.
2)
radiasi matahari beserta pengaruhnya terhadap kehidupan bumi.
|
3.15 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan
terhadap
matahari serta
menjelaskan perubahan siang dan
malam,
peristiwa gerhana matahari dan gerhana
bulan,
perubahan musim serta dampaknya bagi
kehidupan di
bumi
|
UNDERSTAND
|
CONCEPTUAL
|
KONSEP
|
Rotasi dan
Revolusi
|
1) Pengertian
Rotasi dan Revolusi
2) Gerakan
bumi terhadap bulan dan matahari pada sumbunya.
3) Proses
terjadinya perubahan siang dan malam.
4) Dampak
proses yang terjadi pada matahari,bula dan bumi terhadap kehidupan dibumi.
|
a. Kompetensi
Inti 4.
Mengolah, menyaji, dan
menalar ranah konkret( mengggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain
KOMPETENSI
DASAR
|
KETERKAITAN
DENGAN KD PADA KI3
|
KETERAMPILAN YANG MUNCUL
|
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang
gerak, gerak pada makhluk hidup,
dan percobaan tentang
pengaruh
gaya terhadap
gerak
|
3.1 Memahami
gerak lurus, pengaruh
gaya terhadapgerak, serta
penerapannya pada gerak
makhlukhidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Mampu melakukan penyelidikan
terhadap gerak pada diri dan mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
Terampil dalam melakukan
kerjailmiah atau percobaan.
|
|
4.2 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
|
3.2 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari serta pada sistem
rangka manusia
dan hewan
|
Mampu melakukan penyelidikan dan
menerapkan konsep dalam pembuatan pesawat sederhana dalam kehidupan.
|
|
4.3 Membuat proyek miniatur jembatan
atau bangunan dengan memanfaatkan konsep gaya
|
3.3 Mendeskripsikan tentang sifat material dan
konsep gaya yang digunakan dalam konstruksi bangunan, serta pengaruh material
tertentu terhadap kesehatan
manusia
|
Membuat desain miniatur jembatan
dan bangunan berlandaskan pada konsep gaya.
|
|
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki
tekanan cairan pada kedalaman
tertentu, gaya apung, kapilaritas, dan tekanan cairan pada
ruang tertutup
|
3.4 Memahami sifat fluida dan menerapkannya
untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran
darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada
peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
|
Mampu dalam melakukan kerja
ilmiah
Terampil membuat proyek
miniature.
|
|
4.5 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan
|
3.4 Memahami sifat fluida dan menerapkannya
untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran
darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada
peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-
hari
|
Terampil dalam menggunakan alat
dan melakukan kerja ilmiah
|
|
4.6 Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin
dan lensa
|
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan
penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan
prinsip kerja
alat optik
|
Mampu membuat laporan
penyelidikan, penyajian data dan publikasi data tentang gaya pada cermin
|
|
4.7
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki muatan listrik statis
dan interaksinya, serta
sifat hantaran listrik
bahan
|
3.9 Mengenal konsep listrik statis, potensial
listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf,
kelistrikan
pada jantung, kelistrikan tulang, dan hewan-hewan yang mengandung listrik
|
Terampil dalam melakukan
percobaan dan tepat dalam penggunaan alat
|
|
4.8 Menyajikan
karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
3.11 Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan,
dan manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
Terampil
dalam menyajikan hasil observasi dalam hal penyajian dan publikasi hasil
karya.
|
|
4.9 Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
|
3.7 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang
terilhami oleh struktur tersebut
|
Terampil dalam melakukan
pengamatan
Terampil mengemukakan pendapat
|
|
4.10 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan enzimatis pada makanan
|
3.4 Memahami sifat fluida dan menerapkannya
untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem
peredaran
darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada
peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari
|
Terampil dalam melakukan kerja
ilmiah sesuai dengan sistematis yang dituntut.
|
|
4.11
Menyajikan data, informasi,
dan mengusulkan ide pemecahan masalah
untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat
aditif dalam makanan
dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
|
3.10 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan
buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat
adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
|
Terampil dalam membuat data.
Terampil dalam mengkomunikasikan
hasil observasi
Terampil dalam mengemukakan
pendapat
|
|
4.12 Membuat laporan tentang sumber daya alam
berupa unsur atau senyawa kimia yang ada di Indonesia
|
3.13 Memahami struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan keragaman batuan
dan mineral di
beberapa
daerah
|
Terampil menyajikan data hasil
obervasi
Terampil mengkomunikasikan hasil
observasi
|
|
4.13 Menyajikan
informasi berdasarkan pengolahan data fenomena gempa bumi dan gunung
api di Indonesia
|
3.13 Memahami struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan keragaman batuan
dan mineral di
beberapa
daerah
|
Terampil dalam menyajikan data
hasil observasi.
Mampu menghubungkan materi dengan
fakta yang ada
|
|
4.14 Menyajikan
laporan hasil pengamatan
atau penelusuran informasi tentang
karakteristik komponen tata surya
|
3.14 Mendeskripsikan karakteristik matahari,
bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya
gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.15 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan
terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa
gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi
kehidupan di
bumi
|
Mampumembuat data hasil observasi
terkait penelusuran
Mampu mempublikasikan hasil karya
pada publik
|
B. KELAS
IX
a.
Kompetensi
Inti 3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual
,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD 3 .
|
Kompetensi yang dituntut
|
Penggolongan menurut anderson
|
Kelompok materi
|
Materi
|
|
Dimensi kognitif
|
Dimensi pengetahuan
|
||||
3.1
|
1.
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia
2.
mendeskripsikan prinsip keseimbangan dan gaya statik dalam
menjalankan fungsinya pada berbagai kondisi
|
Understand
|
konseptual
|
Konsep
|
1.
Struktur rangka
2.
Otot pada manusia
3.
Prinsip keseimbangan dan gaya statik dan fungsinya
|
3.2
|
1.
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi
pada manusia
2.
Menjelaskan
penerapannya dalam menjaga kesehatan
|
Understand
|
Konseptual
|
Konsep
|
1.
Struktur dan fungsi alat ekskresi pada manusia
2.
Penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
Faktual
|
Fakta
|
||||
3.3
|
1.
Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem
reproduksi pada manusia
|
Understand
|
Konseptual
|
Konsep
fakta
|
1.
Struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
2.
Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
3.
Dampak negatif hubungan badan pranikah serta pencegahannya
|
2.
Mendeskripsikan kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi
|
Understand
|
Konseptual
|
|||
3.
Mendeskripsikan dampak negatif hubungan badan
pranikah serta pencegahannya
|
Analize
|
||||
3.4
|
1.
Memahami konsep atom dan penyusunnya
2.
Memahami konsep ion dan molekul
|
Understand
|
Konseptual
|
Konsep
|
1.
Atom dan penyusunnya
2.
Ion dan molekul
3.
Hubungan karakteristik material
|
3.
Memahami hubungannya dengan karakteristik material
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Analyze
|
Fakta
|
|||
3.5
|
1.
Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik
2.
Mendeskripsikan transmisi energi listrik
3.
Mendeskrisikan sumber-sumber energi listrik
alternatif( termasuk bioenergi)
4.
Mendeskripsikan berbagai upaya
|
Understand
|
Konseptual
|
Konsep , hukum, fakta
|
1.
Rangkaian listrik
2.
Tranmisi energi listrik
3.
Sumber-sumber energi listrik alternatif
4.
Upaya dalam menghemat energi listrik
5.
Teknologi listrik pada alat elektrokardiografi dan
alat bantu pendengaran
|
5.
dalam menghemat energi listrik
6.
Mendeskripsikan teknologi listrik yang digunakan
dalam elektrokardiografi(EKG) dan alat bantu pendengaran
|
Analize
|
||||
3.6
|
1.
Mendeskripsikan konsep medan listrik
2.
Mendeskripsikan medan magnet
3.
Mendeskripsikan induksi elektromagnetik
4.
Mendeskripsikan penggunaannya dalam produk
teknologi
5.
Pemanfaatan medan
listrik dan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan
migrasi
|
Understand
|
Konseptual
|
Konsep
|
1.
Medan listrik
2.
Medan magnet
3.
Induksi elektromagnetik
4.
Penggunaan induksi elektromagnetik dalam produk
teknologi
5.
Pemanfaatan medan
listrik dan magnet dalam navigasi
|
3.7
|
1.
Mendeskripsikan cara kerja laser dan peralatan difraksi
sinar-X serta pemanfaatannya untuk perawatan kesehatan
|
Understand
|
Prosedural
|
Konsep
|
Cara
kerja laser dan peralatan difraksi sinar –X dan manfaatnya dalam perawatan
kesehatan
|
3.8
|
1.
Mengidenfikasi proses dan hasil pewarisan sifat
serta penerapannya dalam pemuliaan makhluk hidup
|
Analyze
|
Prosedural
|
Konsep
|
pewarisan
sifat dan penerapanya
|
3.9
|
1.
Menyajikan data dan laporan penerapan bioteknologi
dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
Analyze
|
Prosedural
|
Konsep Keterampilan
|
Bioteknologi
|
3.10
|
1.
Membedakan proses dan produk teknologi yang
merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
Analyze
|
Konseptual
|
Konsep
|
Teknologi yang merusak dan ramah
lingkungan
|
3.11
|
1.
Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup
dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan
|
Analyze
|
Prosedural
|
ketrampilan
|
Tanah dan Organisme tanah
|
b.
Kompetensi
inti
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
( menulis, membaca , menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi dasar
|
Keterampilan
|
4.
1 menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan
dengan zat gisi makanan dan perilaku sehari-hari
|
Menyajikan
tulisan, mengkomunikasikan data tulisan
|
4.2
membuat peta pemikiran ( mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem
ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
Membuat
peta pemikiran,
Pengaplikasian konsep struktur dan fungsi sistem ekskresi |
4.3
menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit
menular seksual dan upaya pencegahannya
|
Menyajikan
data hasil penelusuran,
Menyampaikan (lisan) informasi yang disajikan |
4.4
melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta
hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
Melakukan
penyelidikan,
Terampil dalam penggunaan alat |
4.5
membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektro magnetik dan
induksi elektromagnetik
|
Membuat
karya yang sederhana
|
4.6
melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat makhluk
hidup
|
Melakukan
percobaan.
Penggunaan alat dan bahan percobaan |
4.7
menyajikan data dan laporan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
Menyajikan data, laporan, menyimpulkan,
mengkomunikasikan data
|
4.8
menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak
merusak lingkungan
|
Menyajikan
data dan informasi, menyimpulkan, mengkomunikasikan data dan informasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar